Cara Mengetahui IP Address yang Sedang Kita Gunakan dengan Mudah Baik di Laptop atau Android

Cara Mengetahui IP Address yang Sedang Kita Gunakan dengan Mudah Baik di Laptop atau Android

OtakAtik - IP Address atau dalam bahasa indonesianya Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat dengan IP) ialah sederetan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host (perangkat yang diakses) dalam jaringan Internet. Panjang dari angka yang terdapat di IP Address ini ialah berjumlah 32 bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128 bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer (perangkat yang diakses) tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

Sistem yang digunakan untuk pengalamatan IP ini terbagi menjadi dua macam, yakni:
  • IP versi 4 (IPv4)
  • IP versi 6 (IPv6)
Pengiriman data yang terdapat di dalam jaringan TCP/IP berdasarkan IP address komputer pengirim dan komputer penerima. IP address ini setidaknya memiliki dua bagian, yaitu alamat jaringan (network address) dan alamat komputer lokal (host address) dalam sebuah jaringan.

Alamat jaringan yang digunakan oleh router untuk mencari jaringan tempat sebuah komputer lokal berada, sementara alamat komputer lokal digunakan untuk mengenali sebuah komputer (perangkat yang diakses) pada jaringan lokal.

Informasi ini bisa diketahui hanya dengan mengkombinasikan IP address dengan 32 bit angka subnet mask. IP address ini juga mempunyai beberapa kelas berdasarkan kapasitasnya, yaitu Class A dengan kapasitas lebih dari 16 juta komputer (perangkat yang diakses), Class B dengan kapasitas lebih dari 65 ribu komputer (perangkat yang diakses), dan Class C dengan kapasitas 254 komputer (perangkat yang diakses). Selengkapnya

Fungsi atau manfaat dari IP Address ini, yaitu :
  • Sebagai identitas perangkat yang mengakses jaringan
  • Sebagai jejak pengguna internet
  • Untuk mengidentifikasi skala jaringan yang digunakan
  • Untuk melacak keberadaan perangkat yang mengakses jaringan
Jadi, intinya IP Address ini mempunyai sisi positif dan juga negatif tergantung kepada pengguna yang memanfaatkannya. Kita sebagai pengguna internet juga bisa mengetahui IP Address orang lain dan juga bisa mengubah IP Address kita yaitu salah satu caranya menggunakan VPN (Virtual Private Network).

Baiklah, langsung saja ke tutorialnya yaitu mengenai Cara Mengetahui IP Address yang Sedang Kita Gunakan dengan Mudah Baik di Laptop atau Android.
  • Silahkan ketik di kolom pencarian google yaitu IP Address (gak berpengaruh huruf kecil atau besar). Sebagai contoh disini saya menggunakan Laptop/PC dan hasilnya seperti gambar dibawah.


ip address di google

Bisa juga dengan langsung mengunjungi situsnya dan hasilnya sama saja namun ada informasi yang lebih rinci lagi dibandingkan dengan cara pertama.
  • Masuk saja ke situs WhatIsMyIPAddress dan hasilnya bisa dilihat seperti gambar dibawah.

tampilan ip address di pc laptop komputer
Tampilan di Laptop/PC

tampilan ip address di hp android smartphone
Tampilan di Smartphone/Android

Nah, cukup sekian tutorial mengenai Cara Melihat IP Address di Laptop atau Android. Tentunya cara ini merupakan salah satu cara dari beberapa cara lainnya. Tinggalkan komentar untuk cara yang anda sering gunakan. Terima kasih dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Mengetahui IP Address yang Sedang Kita Gunakan dengan Mudah Baik di Laptop atau Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel