5 Situs Untuk Mengetahui Kecepatan Loading Blog atau Website

website speed test or pagespeed insights

OtakAtik - Kecepatan loading suatu blog atau situs cukup berpengaruh pada yang namanya SEO blog tersebut. Maka dari itu sangat amat perlu bagi para blogger atau owner pemilik suatu website untuk memperhatikan kecepatan loading dari situsnya yaitu dengan cara mengecek menggunakan situs speed test yang banyak bertebaran di internet.

Maka dari dikali kesempatan ini saya hanya membagikan beberapa situs penguji untuk mengetahui kecepatan load page dari situs yang ingin Anda ketahui dengan mudah dan efisien. Dari 5 situs yang akan saya ulas dibawah ini tentunya memiliki nilai tambah dan kurang masing-masing. Itulah yang saya rasa akan saling menutupi dan melengkapi.

Fitur-fitur yang terdapat di situs speed test inilah yang akan memberikan kita informasi mengenai situs milik kita yang kita uji itu untuk berbagai hal positif dan negatif yang bisa kita ketahui berguna untuk memperbaikinya agar bisa mendapatkan situs kita dengan performa yang lebih baik dan unggul di sisi kecepatan loading. Tanpa perlu panjang lebar lagi marilah langsung saja kita akan melihat serta mencoba 5 situs untuk menguji speed blog sebagai berikut.


Cara menggunakan situs PageSpeed Insight ini hanya dengan memasukkan URL blog dan klik Analyze lalu hasilnya akan muncul. Sedikit review situs ini sebagai berikut.

Situs PageSpeed Insights ini melaporkan kinerja laman dunia nyata untuk perangkat seluler dan desktop dan memberikan saran tentang bagaimana laman tersebut dapat ditingkatkan. Fitur tersedia mencakup bagian berikut ini, yaitu :
  • Skor Kecepatan
  • Distribusi Beban Halaman
  • Skor Optimasi
  • Halaman Statistik
  • Saran Optimasi


Cara menggunakan situs TestMySite think with Google ini sama juga seperti situs PageSpeed Insight hanya memasukkan URL dan Enter atau disitus tersebut di lambang tanda panah ke kanan. Situs ini lebih difokuskan kepada pengujian seluler atau Mobile dibandingkan Desktop. Sedikit review situs ini sebagai berikut.

TestMySite menfokuskan untuk Uji kecepatan seluler karena sebagian besar situs kehilangan setengah jumlah pengunjungnya saat dimuat. Informasi dari fitur ini hanya dimaksudkan sebagai pedoman. Google sendiri tidak akan menjamin peningkatan performa pada situs Anda, yang mungkin bervariasi berdasarkan lokasi, perangkat, browser, atau faktor lainnya.


Cara menggunakan situs GTmetrix ini persis seperti situs pertama. Namun yang membedakannya yaitu fitur yang menunjukkan hasil pengujiannya lebih spesifik dan rinci. Sedikit review situs ini sebagai berikut.

Situs GTmetrix ini bertugas menganalisis kecepatan situs Anda dan membuatnya lebih cepat. GTmetrix memberi Anda wawasan tentang seberapa baik situs Anda dimuat dan memberikan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti tentang cara mengoptimalkannya. GTmetrix memberi tahu Anda banyak tentang kinerja situs web Anda. Laporan kami memberi Anda gambaran lengkap tentang cara situs Anda memuat dan membantu Anda mendeteksi kemacetan di mana.

Fitur utamanya yaitu :
  • Skor dan Rekomendasi PageSpeed dan YSlow
  • Detail Pemuatan Halaman (waktu, ukuran, jumlah permintaan)
  • Berbagai Pilihan Analisis
  • Waterfall, Video, dan Riwayat Laporan
  • Lebih banyak fitur lainnya


Cara menggunakan pengujian di situs Pingdom ini juga hampir sama yaitu cukup dengan memasukkan URL blog tujuan dan pilih Start Test. Namun yang membedakan situs ini yaitu pada fitur yang spesifik dan lebih rinci. Mungkin hampir sama dengan situs GTmetrix yang diatas namun untuk kepastiannya langsung saja ke situs terkait. Sedikit review situs ini sebagai berikut.

Situs Pingdom menawarkan pemantauan kinerja dan kinerja yang efektif dan dapat diandalkan untuk situs web Anda. Kami menggunakan lebih dari 70 lokasi pemungutan suara global untuk menguji dan memverifikasi situs pelanggan kami 24/7, sepanjang tahun. Dengan Pingdom Anda dapat memantau uptime, kinerja, dan interaksi situs web Anda untuk pengalaman pengguna akhir yang lebih baik. Pelanggan Anda akan berterima kasih.

Ringkasan Fitur, yaitu :

Periksa semua bagian halaman web - Lihat ukuran file, waktu muat, dan detail lainnya tentang setiap elemen halaman web (HTML, JavaScript dan file CSS, gambar, dll.). Anda dapat mengurutkan dan memfilter daftar ini dengan cara berbeda untuk mengidentifikasi kemacetan kinerja.

Ikhtisar kinerja - Kami secara otomatis mengumpulkan banyak statistik terkait kinerja untuk Anda berdasarkan hasil tes.

Nilai dan kiat kinerja - Lihat bagaimana situs web Anda sesuai dengan praktik terbaik kinerja dari Google Page Speed (mirip dengan Yahoo's Yslow). Anda bisa mendapatkan beberapa kiat hebat tentang cara mempercepat situs web Anda dengan cara ini.

Lacak riwayat kinerja Anda - Kami menyimpan setiap tes untuk Anda sehingga Anda dapat memeriksanya nanti dan juga melihat bagaimana hal-hal berubah dari waktu ke waktu (dengan bagan yang bagus).

Uji dari beberapa lokasi - Lihat seberapa cepat situs web dimuat di Eropa, Amerika Serikat, dll.

Bagikan hasil Anda - Kami telah mempermudah Anda untuk melakukan tes dan membagikannya dengan teman, rekan kerja, atau host web Anda.


Cara menggunakan pengujian di situs WebPagetest sama juga dengan situs-situs yang sudah kita bahas diatas. Namun tampilan situs ini agak unik dan membuat saya sendiri bertanya-tanya tentang keabsahan yang diberikan situs ini mengenai situs yang kita uji coba. Mungkin juga alasan lain kenapa saya menaruh posisinya di no 5. Sedikit review situs ini sebagai berikut.

Jalankan uji kecepatan situs web gratis dari beberapa lokasi di seluruh dunia menggunakan browser nyata (IE dan Chrome) dan pada kecepatan koneksi konsumen nyata. Anda dapat menjalankan tes sederhana atau melakukan pengujian lanjutan termasuk transaksi multi-langkah, pengambilan video, pemblokiran konten, dan banyak lagi. Hasil Anda akan memberikan informasi diagnostik yang kaya termasuk diagram pemuatan sumber daya air, pemeriksaan dan saran pengoptimalan Kecepatan Laman untuk peningkatan.

Baiklah guys, dari lima situs yang saya rekomendasikan diatas situs yang mana Anda ikuti dan sering Anda gunakan. Semoga memberikan manfaat untuk Anda agar bisa meningkatkan kinerja situs Anda. Jika ada situs yang lainnya silahkan sebutkan saja di komentar.

2 Responses to "5 Situs Untuk Mengetahui Kecepatan Loading Blog atau Website"

  1. mantap gan, jangan lupa brkunjung ke blog kecil ane gan www.senangberbagi.id

    ReplyDelete
  2. Nice info mas bro.... Gggudanginfo.blogspot.com

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel