Aplikasi Multimedia dalam Pendidikan

Rangkuman tentang aplikasi multimedia dalam pendidikan menurut ahli, contoh multimedia dalam pendidikan dan perkembangan multimedia di berbagai bidang

OtakAtik - Istilah multimedia yang digunakan dalam pendidikan sekarang ini memberikan gambaran terhadap suatu sistem komputer dimana semua media yaitu : teks, grafik, audio, animasi, dan video berada dalam satu model perangkat lunak yang menjelaskan atau menggambarkan suatu program pendidikan.

Perkembangan program multimedia untuk keperluan pendidikan sepintas sangat mengembirakan. Namun di lain pihak dapat membuat keliru peserta didik khususnya pada usia anak-anak.

Menurut beberapa pakar pendidikan, teknologi, dan psikologi, perkembangan program multimedia untuk pendidikan agar menekankan pada syarat, mudah digunakan, memenuhi keperluan mengembangkan pengetahuan, meningkatkan keterampilan dan kreatifitas.

Munir (2011) : multimedia dalam pendidikan memiliki tiga fungsi utama yaitu fungsi suplemen yang sifatnya pilihan, fungsi pelengkap, dan fungsi pengganti.

Sejauh ini multimedia masih dianggap sebagai fungsi pilihan dan pelengkap dibanding dengan fungsi pengganti.

Beberapa aplikasi multimedia dalam pendidikan
1) Kamus Multimedia Elektronik
Kamus multimedia elektronik akan memaparkan makna suatu kata dengan menggunaka berbagai media dukungan sebagai tambahan penjelasan.

2) Eksperimen
Simulasi proses kerja, contohnya simulasi penerbangan yang sering digunakan dalam latihan sistem penerbangan.

3) Sumber Rujukan Elektronik
Ensiklopedia, tutorial interaktif, buku elektronik dan sebagainya merupakan beberapa contoh bagaimana multimedia bisa digunakan sebagai sumber rujukan elektronik.

4) Sejarah
Bahan-bahan sejarah bisa direkayasa dan ditampilkan menjadi lebih hidup dengan menggabungkan konsep gambar animasi, 3D dan sebagainya.

1 Response to "Aplikasi Multimedia dalam Pendidikan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel