Aplikasi-Aplikasi Untuk Desain Grafis

Aplikasi-Aplikasi Untuk Desain Grafis

OtakAtik - Berbicara mengenai Desain Grafis pasti tidak akan jauh dari yang namanya software-software untuk pengolahannya. Aplikasi tool untuk mengolah grafis ini memang begitu banyak dan berbeda fungsi, fitur serta cara cara mengoperasikannya. Namun terlepas dari itu tujuan dari tool software tetaplah ingin menghasilkan sebuah karya yang terbaik. Maka dari itu dibawah ini saya sudah menyiapkan beberapa jenis beserta review singkatnya yang saya kumpulkan dari berbagai sumber referensi dan manfaatkanlah dengan bijak yaitu sebagai berikut. 

Desain grafis atau rancang grafis adalah suatu proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual. 

Aplikasi-aplikasi untuk desain grafis yang akan kita review yaitu sebagai berikut.

1. Aplikasi-aplikasi untuk Pengolahan Layout / Tata Letak

a. Adobe FrameMaker
b. Adobe In Design
c. Adobe PageMaker
d. Corel Ventura
e. Microsoft Publisher
f. Quark Xpress

a. Adobe FrameMaker
Adobe FrameMaker adalah prosesor dokumen yang dirancang untuk menulis dan mengedit dokumen besar atau kompleks, termasuk dokumen terstruktur . Ini awalnya dikembangkan oleh Frame Technology Corporation, yang dibeli oleh Adobe. Sistem operasi yang mendukung untuk menggunakan Adobe FrameMaker yaitu Windows , MacOS , Unix , dan juga SunOS.

Versi  FrameMaker 1.11b yaitu dirilis pada 1986 (Solaris dan AEGIS ) merupakan versi pertamanya dan FrameMaker (rilis 2017) adalah versi terbarunya untuk saat ini.

Dirilis 31 Januari 2017. FrameMaker (rilis 2017) fitur baru termasuk dukungan untuk layar beresolusi tinggi (hingga 4K), layar selamat datang yang lebih besar dan lebih baik, pencarian perintah menu, Manajer Proyek baru, tata letak HTML5 responsif generasi berikutnya, pencarian lebih cepat dengan keluaran HTML5 dasar yang otomatis dan lengkap, dan konektor langsung dengan Pengaya Dokumentasi XML untuk Pengelola Pengalaman Adobe, DITA CCMS Adobe.

b. Adobe In Design
Adobe InDesign adalah perangkat lunak desktop publishing (DTP) yang diproduksi oleh Adobe Systems yang dapat digunakan untuk membuat poster, brosur, bahkan majalah atau buku.

Desainer dan artis merupakan salah satu pengguna utama program ini. InDesign merupakan kompetitor langsung QuarkXPress. Banyak perusahaan percetakan di Indonesia yang menggunakan software ini untuk membuat buku atau majalah. Juga digunakan untuk perusahaan percetakan koran. Sistem operasi yang bias digunakan untuk Adobe In Design yaitu Mac OS X dan Microsoft Windows.

c. Adobe PageMaker
Adobe PageMaker adalah program desktop publishing pertama, diperkenalkan pada tahun 1985 oleh Aldus Corporation, awalnya untuk Apple Macintosh dan lalu untuk PCs dan juga Microsoft Windows. PageMaker mendapatkan penghargaan SPA Excellence in Software Award atas Best New Use of a Computer pada tahun 1986.

Sistem operasi yang mendukung penggunaan Adobe PageMaker yaitu Mac OS 9, Windows (prior to Windows Vista), dan OS/2 (Version 3.01 only).

d. Corel Ventura
Corel Ventura atau Ventura Publisher adalah paket penerbitan desktop populer pertama untuk komputer yang kompatibel dengan PC IBM yang menjalankan ekstensi GEM ke sistem operasi DOS. Perangkat lunak ini awalnya dikembangkan oleh Ventura Software, sebuah perusahaan perangkat lunak kecil yang didirikan oleh John Meyer, Don Heiskell, dan Lee Jay Lorenzen , yang semuanya bertemu ketika bekerja di Digital Research . Itu berlari di bawah copy run-time termasuk dari Digital Research, Inc. 's Graphics Manajer Lingkungan (GEM).

Versi pertama Penerbit Ventura dirilis pada tahun 1986 dan untuk versi terbaru (per September 2018) adalah Corel Ventura 10 (2002), versi ini berjalan di Windows 10 (x86 / 64) dengan mode kompatibilitas (XP) dan menyalin "mfc42.dll" dalam folder korel program (untuk Windows 64 bit ). Juga jalankan di atas linux ubuntu 17.04 / anggur, termasuk dalam mode USB langsung.

e. Microsoft Publisher
Microsoft Publisher atau Microsoft Office Publisher adalah paket aplikasi Perkantoran Microsoft yang sangat berguna untuk Desktop Publisihing, membuat Surat Kabar, Kartu Ucapan dan sebagainya. Microsoft Publisher awalnya dirilis untuk Microsoft Office 2003 lalu selanjutnya untuk Microsoft Office 2007 dan yang terbaru Microsoft Office 2010 untuk edisi Professional. Microsoft Office 2010 Sangat pas apabila dipadukan dengan Windows 7.

f. Quark Xpress
QuarkXPress adalah perangkat lunak desktop publishing untuk membuat dan mengedit tata letak halaman yang kompleks dalam lingkungan WYSIWYG (What You See Is What You Get). Ini berjalan di macOS dan Windows . Ini pertama kali dirilis oleh Quark, Inc. pada tahun 1987 dan masih dimiliki dan diterbitkan oleh mereka.

Versi terbaru, QuarkXPress 2018 (nomor versi internal 14.0.1.0), memungkinkan penerbitan dalam bahasa Inggris ("Internasional dan AS") dan 36 bahasa lainnya, termasuk bahasa Arab, China, Jepang, Portugis, Jerman, Korea, Rusia, Prancis, dan Spanyol.

QuarkXPress digunakan oleh perancang individual, penerbit besar dan perusahaan untuk menghasilkan berbagai tata letak, mulai dari selebaran satu halaman hingga proyek multi-media yang diperlukan untuk majalah, surat kabar, katalog, dan sejenisnya. Versi yang lebih baru telah menambahkan dukungan untuk aplikasi ebuku, Web, dan seluler.

2. Aplikasi-aplikasi untuk Pengolahan Vektor / Garis

a. Adobe Illustrator
b. Beneba Canvas
c. CorelDraw
d. Macromedia Freehand
e. Micrografx Designer

a. Adobe Illustrator
Adobe Illustrator adalah program editor grafis vektor terkemuka, dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems. Illustrator CC merupakan versi terkini program ini, generasi kedua puluh untuk produk Illustrator. Sistem operasi yang didukung oleh Adobe Illustrator yaitu Mac OS X dan Microsoft Windows.

b. Beneba Canvas
Beneba Canvas ialah salah satu program yang dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/ garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program.

c. CorelDraw
CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terbarunya, CorelDRAW X8 (setara dengan versi 18) dirilis pada tanggal 15 maret 2016. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk sistem operasi Windows 2000 dan seterusnya.

Versi CorelDRAW untuk Mac OS pernah dikembangkan, namun dihentikan karena tingkat penjualannya rendah. Versi terakhir untuk Linux adalah Versi 9 (Rilisan tahun 2000, itu pun perlu di jalankan dengan Wine) dan Untuk OSX adalah versi 11 (Rilisan 2001).

Sejarah singkatnya yaitu pada tahun 1987,Corel menyewa programmer untuk membuat suatu aplikasi grafik berbasis vektor. yaitu, Michel Bouillon dan Pat Beirne. Diamana Perilisan awal pada tahun 1989.

d. Macromedia Freehand
Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk Microsoft Windows dan Mac OS X.

Macromedia FreeHand sangatlah mirip dalam pangsa pasar dan fungsionalitasnya dengan Adobe Illustrator. FreeHand diciptakan oleh Altsys dan dilisensikan ke Aldus, yang mengeluarkan versi 1 sampai dengan 4. Ketika Aldus bergabung dengan Adobe Systems, karena tumpang tindih pangsa pasar dengan Adobe Illustrator, maka Adobe mengembalikan FreeHand ke Altsys segera setelah merger (setelah sejumlah intervensi legal oleh Komisi Dagang Federal). Altsys kemudian dibeli oleh Macromedia, yang mengeluarkan FreeHand 5.0, 5.5 (Khusus Mac), 7, 8, 9, 10 dan 11/MX. Pada tahun 2005 Adobe membeli Macromedia, yang secara tak langsung mengembalikan FreeHand ke Adobe.

Sebagai sebuah aplikasi yang fleksibel, FreeHand sering digunakan untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing dan web. Versi terbarunya, FreeHand 11, dipasarkan sebagai FreeHand MXa, yang menunjukkan integrasinya dengan garis produk Macromedia MX, yang juga meliputi Macromedia Flash, Macromedia Dreamweaver, dan Macromedia Fireworks, serta masih banyak lagi yang lainnya. 

e. Microgafx Designer
Micrografx  Designer atau Corel Designer adalah program grafis berbasis vektor . Ini awalnya dikembangkan oleh Micrografx , yang dibeli oleh Corel pada tahun 2001.

Versi terakhir yang dikembangkan oleh Micrografx adalah 9.0 pada tahun 2001. Program ini kemudian dijual sebagai Corel Designer 9. Masih ada sejumlah pengguna yang terus bekerja dengan versi 9.0, karena versi yang lebih baru dari produk ini didasarkan pada CorelDraw yang telah dimodifikasi daripada produk asli.

Corel Designer efektif untuk pembuatan gambar teknik , tetapi juga menawarkan banyak fungsi untuk desain grafis. 

3. Aplikasi-aplikasi untuk Pengolahan Foto / Gambar

a. Adobe Photoshop
b. Corel Photo Paint
c. Macromedia Xres
d. Metacreations Painter
e. Micrografx Picture Publisher
f. Microsoft Photo Editor
g. QFX

a. Adobe Photoshop
Adobe Photoshop adalah editor grafis raster yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Adobe Systems untuk macOS dan Windows.

Photoshop diciptakan pada tahun 1988 oleh Thomas dan John Knoll . Sejak itu, telah menjadi standar industri de facto dalam pengeditan grafis raster , sampai-sampai Photoshop telah menjadi merek dagang umum yang mengarah ke penggunaannya sebagai kata kerja seperti "ke Photoshop sebuah gambar," "photoshopping " dan " kontes photoshop " , meskipun Adobe tidak menyarankan penggunaan semacam itu. Ia dapat mengedit dan menyusun gambar raster dalam berbagai lapisan dan mendukung mask , pengomposisian alfa dan beberapa model warna termasuk RGB , CMYK , CIELAB, warna spot dan duotone . Photoshop memiliki dukungan luas untuk format file grafis tetapi juga menggunakan format file PSDdan sendiri PSByang mendukung semua fitur yang disebutkan di atas. Selain grafis raster, ia memiliki kemampuan terbatas untuk mengedit atau merender teks, grafik vektor (terutama melalui jalur kliping), grafik 3D , dan video . Kumpulan fitur Photoshop dapat diperluas dengan plug-in Photoshop , program yang dikembangkan dan didistribusikan secara terpisah dari Photoshop yang dapat berjalan di dalamnya dan menawarkan fitur baru atau yang disempurnakan.

Skema penamaan Photoshop awalnya didasarkan pada nomor versi . Namun, pada bulan Oktober 2002, setelah pengenalan branding Creative Suite , setiap versi baru dari Photoshop ditetapkan dengan "CS" plus nomor; misalnya, versi utama kedelapan dari Photoshop adalah Photoshop CS dan versi utama kesembilan adalah Photoshop CS2. Photoshop CS3 hingga CS6 juga didistribusikan dalam dua edisi berbeda: Standard dan Extended. Pada Juni 2013, dengan pengenalan pencitraan merek Creative Cloud , skema lisensi Photoshop diubah menjadi perangkat lunak sebagai model sewa layanan dan akhiran "CS" diganti dengan "CC". Secara historis,Adobe Fireworks , Adobe Bridge , Adobe Device Central, dan Adobe Camera RAW.

Selain Photoshop, Adobe juga mengembangkan dan menerbitkan Photoshop Elements , Photoshop Lightroom , Photoshop Express , Perbaikan Photoshop , Photoshop Sketch dan Photoshop Mix . Adobe juga berencana untuk meluncurkan versi lengkap Photoshop untuk iPad pada 2019. Secara kolektif, mereka dicap sebagai "The Adobe Photoshop Family". Saat ini perangkat lunak berlisensi.
Peluncuran pertama Adobe Photoshop yaitu pada 19 Februari 1990 atau 28 tahun yang lalu dan terakhir dirilis yaitu pada 22 Agustus 2018. Sistem operasiyang didukung yaitu Windows dan mac OS.

b. Corel Photo Paint
Corel Photo-Paint adalah editor grafis raster yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel sejak 1992. Corel saat ini memasarkan perangkat lunak untuk sistem operasi Windows, yang sebelumnya memiliki versi yang dipasarkan untuk Linux  (Versi 9, membutuhkan Wine) dan Mac OS (melalui versi 11). Pesaing pasar utamanya adalah Adobe Photoshop.

Pada tahun 2006, Corel merilis versi 13 sebagai Photo-Paint X3 , menggunakan konvensi penamaan ini untuk rilis berikutnya serta untuk CorelDraw , disertakan dengan Photo-Paint di CorelDraw Graphics Suite . Versi saat ini adalah Photo-Paint X8. Corel telah memasarkan edisi terbatas Photo-Paint yang disebut Corel Photo-Paint SELECT dengan perangkat keras pemindaian HP , misalnya pemindai HP Scan Jet 5p. 

c. Macromedia Xres
Macromedia xRes adalah aplikasi pengeditan gambar yang dibuat oleh Fauve Software , yang kemudian diakuisisi oleh Macromedia. Ini memungkinkan untuk melihat real time pekerjaan. Versi awal juga memperkenalkan konsep lapisan , cara baru memindahkan dan tumpang tindih objek dalam gambar. Ini tersedia untuk versi Mac OS dan Windows yang lebih lama. 

Sejarah xRes awalnya dirilis oleh Fauve Software Inc., berdasarkan perangkat lunak Fauve Matisse sebelumnya, yang terakhir ini adalah perangkat lunak konsumen paling awal yang menggunakan lapisan, sebelum penerapannya di Adobe Photoshop 3.0 pada tahun 1994. Fauve dibeli oleh Macromedia, yang berganti nama perangkat lunak seperti Macromedia Matisse dan Macromedia xRes, dan yang kemudian merilis xRes 2.0.

d. Metacreations Painter
Metacreations Painter atau dikenal juga dengan Corel Painter adalah aplikasi seni digital raster berbasis dibuat untuk mensimulasikan seakurat mungkin penampilan dan perilaku media tradisional yang terkait dengan menggambar , melukis , dan seni grafis. Ini dimaksudkan untuk digunakan secara real-time oleh seniman digital profesional sebagai alat kreatif fungsional. Sistem operasi yang bias untuk menjalankan program ini yaitu mac OS dan Microsoft Windows. 

e. Micrografx Picture Publisher 
Micrografx Picture Publisher atau Micrografx saja (Micrografx Inc., Richardson, Texas) adalah perangkat lunak berbasis Amerika Serikat yang paling terkenal untuk produk-produk grafisnya. Didirikan pada tahun 1982 oleh Paul dan George Grayson dan merupakan pelopor untuk produk grafis untuk Windows.

Corel dan Micrografx adalah pesaing pada tahun 1996 untuk pengguna Windows 95 yang mencari perangkat lunak grafis. CorelDraw 6 menarik profesional grafis, sementara Micrografx ABC Graphics Suite menarik pengguna umum di komunitas bisnis. Perusahaan ini diakuisisi oleh Corel pada akhir tahun 2001. Dengan akuisisi ini, garis grafis Micrografx (misalnya Penerbit Gambar Micrografx, Perancang Micrografx) diintegrasikan ke dalam portofolio Corel. Sejak tahun 2003, bagian perangkat lunak Micrografx sebelumnya untuk analisis proses bisnis diwakili oleh unit bisnis terpisah iGrafx.

Meskipun tidak secara aktif dipelihara atau didistribusikan secara resmi, komunitas yang tersebar masih menikmati produk Micrografx sebagai perangkat lunak warisan . 

f. Microsoft Photo Editor
Microsoft Photo Editor adalah komponen editor grafis raster Microsoft Office yang pertama kali disertakan dengan Microsoft Office 97 . Ini fitur alat editing untuk texturize, membuat negatif, menyesuaikan gamma, dan menambahkan transparansi ke gambar GIF . Digantikan di Microsoft Office 2003 oleh Microsoft Office Picture Manager , meskipun banyak fitur Photo Editor tidak tersedia di Picture Manager.

g. QFX
QFX adalah program komputer pengeditan gambar, yang dikembangkan oleh Ron Scott, fotografer dan insinyur perangkat lunak Texas. Versi pertama dirilis pada tahun 1990. Pada saat peluncurannya, QFX adalah salah satu aplikasi pengeditan gambar kaya fitur yang tersedia di platform PC (DOS , kemudian Windows). Ini adalah perangkat lunak pilihan untuk seniman digital dan studio pascaproduksi gambar pada saat ketika 1024x768 grafis truecolor adalah kemewahan, jauh sebelum Photoshopbisa dianggap sebagai alat profesional yang serius. Antarmuka yang bersih dan alur kerja yang cerdas membantu membangun basis penggemar / pengguna yang setia, beberapa di antaranya terus menggunakannya, meskipun QFX telah lama berlalu oleh fitur dan pengguna oleh Photoshop . 

4. Aplikasi-aplikasi untuk Pengolahan Film / Video

a. Adobe After Effect
b. Power Director
c. Show Biz DVD
d. Ulead Video Studio
e. Element Premier
f. Easy Media Creator
g. Pinnacle Studio Plus

a. Adobe After Effect
Adobe After Effects adalah produk peranti lunak yang dikembangkan oleh Adobe, digunakan untuk film dan pos produksi pada video. Pada awalnya merupakan sebuah software produk dari Macromedia yang sekarang sudah menjadi salah satu produk Adobe.

Adobe After Effects adalah sebuah software yang sangat profesional untuk kebutuhan Motion Graphic Design. Dengan perpaduan dari bermacam-macam software Design yang telah ada, Adobe After Effects menjadi salah satu software Design yang handal. Standart Effects yang mencapai sekitar 50 macam lebih, yang sangat bisa untuk mengubah dan menganimasikan objek. Disamping itu, membuat animasi dengan Adobe After Effects, juga bisa dilakukan dengan hanya mengetikkan beberapa kode script yang biasa disebut Expression untuk menghasil pergerakan yang lebih dinamis.
Adobe After Effects memiliki fitur-fitur penting, misalnya Adobe After Effects memiliki alat untuk membuat Shape (seperti yang terdapat pada Adobe Photoshop). Pada Adobe After Effects terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Adobe Flash (cara menganimasikannya juga hampir sama). Terdapat juga Expression yang hampir mirip dengan Action Script pada Flash dan masih banyak lagi yang lain. 

b. Power Director
PowerDirector adalah perangkat lunak pengeditan video yang dikembangkan dari CyberLink . PowerDirector memungkinkan pemangkasan, penggabungan, dan overlaying klip dan efek, juga mendukung format standar baru, seperti video H.265 dan cuplikan 360 derajat. PowerDirector berjalan pada Windows 7 hingga Windows 10, dengan versi 64-bit yang direkomendasikan.

Peluncuran pertama Power Director yaitu pada 2001 dengan menggunakan sistem operasi Windows 10, Windows 8 /8.1 dan Windows 7. Perangkat lunak pengeditan video ini tersedia di beberapa negara yaitu Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol (Eropa), Cina Sederhana, Cina Tradisional, Jepang, Korea, dan Belanda.

c. Show Biz DVD
Show Biz DVD atau ArcSoft ShowBiz adalah editor video oleh ArcSoft untuk sistem operasi Windows . Ini dapat membuat VCD dan DVD dan juga dapat mengekspor ke format AVI , MPEG , WMV , dan MOV . ShowBiz juga berisi fitur DVD burning dan menu building. Pada 2003, itu adalah salah satu dari tiga judul yang paling dominan. Sistem operasi yang mendukung program ini yaitu Windows. 

d. Ulead Video Studio
Corel VideoStudio (sebelumnya Ulead VideoStudio) adalah paket perangkat lunak pengeditan video untuk Microsoft Windows yang didistribusikan oleh Ulead Systems (divisi dari Corel ). Rilis stabil

e. Element Premier
Adobe Premiere Elements atau Element Premier adalah perangkat lunak pengeditan video yang diterbitkan oleh Adobe Systems. Ini adalah versi Adobe Premiere Pro yang diperkecil dan disesuaikan dengan editor pemula dan konsumen. Layar entri menawarkan opsi pengorganisasian, pengeditan, dan pembuatan film otomatis. File proyek Premiere Pro tidak kompatibel dengan file proyek Premiere Elements.

Meskipun dipasarkan secara terpisah, sering dipaketkan untuk nilai tambah dengan Adobe Photoshop Elements. Pada tahun 2006, itu diidentifikasi sebagai perangkat lunak pengeditan video konsumen nomor satu. Pesaing utamanya adalah Final Cut Express (tidak lagi dijual), AVS Video Editor, PowerDirector, Pinnacle Studio, Sony Vegas Movie Studio, Sony Vegas, Corel VideoStudio, dan iMovie.

Tidak seperti banyak pesaingnya, Premiere Elements dapat menangani video dan audio track tanpa batas, dengan beberapa efek keyframed yang diterapkan ke setiap klip, serta kemampuan gambar-dalam-gambar dan krom . Ini juga mendukung banyak plug-in pihak ketiga untuk fitur tambahan, termasuk plug-in Premiere Pro, After Effects plug-in, dan efek VST. Ini dapat membuat bar dan nada dan pemimpin hitung mundur, seperti Premiere Pro.

Program ini juga menampilkan perenderan video secara real-time yang memungkinkan pengguna untuk mempratinjau suntingan instan yang dibuat ke garis waktu video. Premiere Elements tersedia untuk Windows dan macOS. 

f. Easy Media Creator
Roxio Creator adalah program authoring optical disc proprietary yang diproduksi oleh Roxio. Perangkat lunak ini, awalnya dirilis sebagai Easy Media Creator, mewakili versi terbaru dari seri Easy CD Creator sebelumnya. 

Roxio Creator mendukung berbagai format file, termasuk : Video: AVI, DV, HDV, DV-AVI, MPEG-1/2/4, MPEG2-HD, DVD-Video, IFO / VOB, XviD, DVR-MS, TiVo, ASF, MOV, WMV, QuickTime, 3GP, MPEG2 Transport Stream, AVC (H.264), AVCHD. Audio: CD Audio, MP3, WAV, WMA, Dolby Digital AC-3, AAC, Ogg Vorbis, FLAC, M4A, MP4, Daftar Putar (WPL, ASX, M3U, PLS, XSPF) dan Foto: JPG, PNG, TIFF, BMP, GIF

g. Pinnacle Studio Pro
Pinnacle Studio adalah program penyuntingan video yang awalnya dikembangkan oleh Pinnacle Systems sebagai mitra tingkat konsumen untuk perangkat lunak tingkat profesional Pinnacle, Liquid Edition. Ini diakuisisi oleh Avid dan kemudian oleh Corel pada Juli 2012. Pinnacle Studio memungkinkan pengguna untuk menulis konten video dalam format Video CD , DVD-Video , AVCHD atau Blu-ray , menambahkan menu pelengkap dan membakarnya ke disk .

Pinnacle Systems menawarkan program penjualan afiliasi untuk lini Produk Pinnacle Studio. Pada paruh kedua tahun 2007, Pinnacle memperkenalkan VideoSpin, versi shareware dari Studio dengan lebih sedikit fitur; itu dihentikan pada Maret 2009.

5.  Aplikasi-aplikasi untuk Pengolahan Multimedia

a. Macromedia Authorware
b. Macromedia Director
c. Macromedia Flash
d. Multimedia Builder
e. Hyper Studio
f. Ovation Studio Pro 

a. Macromedia Authorware
Adobe Authorware (sebelumnya Macromedia Authorware) adalah sebuah bahasa pemrograman grafis, yang diinterpretasikan, yang berbasis flowchart. Authorware digunakan untuk membuat program interaktif yang dapat mengintegrasikan berbagai konten multimedia, khususnya teknologi pendidikan elektronik (juga disebut e-learning) aplikasi. Model flowchart membedakan Authorware dari alat authoring lain , seperti Adobe Flash dan Adobe Director, yang bergantung pada tahap visual, garis waktu, dan struktur skrip. 

b. Macromedia Director
Adobe Director (sebelumnya Direktur Macromedia ) adalah platform pengarang aplikasi multimedia yang dibuat oleh Macromedia dan sekarang dikelola oleh Adobe Systems.

Direktur adalah editor utama pada platform Adobe Shockwave, yang mendominasi ruang produk multimedia interaktif selama tahun 1990-an. Berbagai game petualangan grafis dikembangkan dengan Direktur selama tahun 1990-an, termasuk The Journeyman Proyek , Jumlah Distortion , Mia Bahasa Petualangan , Mia Science Adventure , dan Didi & Ditto seri. Ratusan video game online gratis dikembangkan menggunakan Lingo, dan dipublikasikan di situs web seperti Miniclip dan Shockwave.com.

Direktur menerbitkan file DCR yang dimainkan dengan menggunakan Adobe Shockwave Player, selain kompilasi executable asli untuk Microsoft Windows dan Mac OS X. Direktur memungkinkan pengguna untuk membangun aplikasi pada metafora film, dengan pengguna sebagai "sutradara" film tersebut. Awalnya dirancang untuk membuat urutan animasi, penambahan bahasa scripting yang disebut Lingo membuatnya menjadi pilihan populer untuk membuat CD-ROM, kios mandiri dan konten video game internet selama tahun 1990-an.

c. Macromedia Flash
Adobe Flash adalah platform perangkat lunak multimedia  yang tidak digunakan lagi yang digunakan untuk produksi animasi, aplikasi Internet kaya, aplikasi desktop, aplikasi seluler, game seluler, dan pemutar video browser web tertanam. Flash menampilkan teks, grafik vektor, dan grafik raster untuk menyediakan animasi, permainan video dan aplikasi. Ini memungkinkan streaming audio dan video, dan dapat menangkap input mouse, keyboard, mikrofon dan kamera. Platform pengembangan terkait Adobe AIR terus didukung.

Artis dapat menghasilkan grafik dan animasi Flash menggunakan Adobe Animate. Pengembang perangkat lunak dapat menghasilkan aplikasi dan gim video menggunakan Adobe Flash Builder, FlashDevelop, Flash Catalyst, atau editor teks apa pun saat digunakan dengan Apache Flex SDK. Pengguna akhir dapat melihat konten Flash melalui Flash Player (untuk browser web), AIR (untuk aplikasi desktop atau seluler) atau pemain pihak ketiga seperti Scaleform (untuk permainan video). Adobe Flash Player (didukung pada Microsoft Windows , macOS dan Linux ) memungkinkan pengguna akhir untuk melihat konten Flash menggunakan browser web . Adobe Flash Lite diaktifkan untuk melihat konten Flash pada smartphone yang lebih lama, tetapi telah dihentikan dan digantikan oleh Adobe AIR .

d. Multimedia Builder
Multimedia Builder (MMB) adalah aplikasi multimedia yang dikembangkan oleh Mediachance untuk Microsoft Windows. Aplikasi ini memiliki bahasa scripting sendiri dan antarmuka berorientasi objek yang disederhanakan. Awalnya, Multimedia Builder dibuat sebagai alat untuk membuat cangkang autorun, tetapi pengembangan bahasa scripting bawaan memungkinkannya digunakan untuk proyek lain, misalnya, pemutar media atau permainan teka-teki.
(https://ru.wikipedia.org/wiki/Multimedia_Builder)

e. Hyper Studio
HyperStudio adalah program perangkat lunak alat kreatif yang didistribusikan oleh Software MacKiev. Ini awalnya dibuat oleh Roger Wagner pada tahun 1989 sebagai "HyperStudio 1.0 untuk Apple IIGS", versi yang lebih baru memperkenalkan dukungan untuk Mac dan Windows.

Ini dapat digambarkan sebagai alat authoring multimedia, dan menyediakan metode yang relatif sederhana untuk menggabungkan berbagai media. Telah tersedia untuk dibeli dan dijual selama bertahun-tahun, dan sekarang sedang dipasarkan oleh Software MacKiev sebagai "Versi 5.1", yang sebagian besar ditujukan untuk pasar pendidikan.

f. Ovation Studio Pro
Ovation Studio Pro adalah alat multimedia berkinerja tinggi untuk membuat aplikasi multimedia profesional seperti screen saver, permainan, buku cerita, tutorial, Pelatihan Berbasis Komputer (CBT), CD-ROM front-ends, katalog interaktif, presentasi perusahaan, majalah interaktif, dan banyak lagi, lebih banyak. Dengan lingkungan pengembangan "WYSIWYG" yang benar-benar visual, pengujian / debugging interaktif, ekstensi lengkap (dukungan .DLL, dan banyak lagi), kompilator yang dioptimalkan, dan engine run-time berkinerja sangat tinggi, Ovation Studio Pro adalah pilihan pengembang multimedia profesional. Kurva belajar yang lebih pendek menyediakan jalur cepat untuk pengembangan multimedia. 

Jadi, sekian sampai disini saja yang bisa saya bagikan dikali ini semoga bisa bermanfaat dan silahkan komentar aplikasi untuk desain grafis lain yang tidak saya sebutkan diatas.

0 Response to "Aplikasi-Aplikasi Untuk Desain Grafis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel