5 Cara Mudah Mengambil Screenshot di Laptop Windows 10

Cara Mudah Mengambil Screenshot di Laptop Windows 10

OtakAtik - Printscreen atau Screenshoot adalah suatu cara yang sering dilakukan ketika ingin mengabadikan sebuah tampilan pada layar. Ada banyak metode yang bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshoot, mulai dari cara sederhana (tanpa software) hingga menggunakan software. Namun kali ini saya akan membagikan Cara Mudah Mengambil Screenshot di Laptop Windows 10 tanpa perlu download software cukup menggunakan cara sederhana atau program yang sudah tersedia di Windows 10 saja.

Berikut ini saya akan membagikan 6 metode yang mudah dan simpel untuk mengambil Screenshot di Windows 10. Wajib dicoba tentunya bagi yang belum mengetahuinya yaitu sebagai berikut.

1. PrtSc

PrtSc yaitu PrintScreen merupakan tombol di keyboard laptop yang berfungsi untuk mengambil Screenshot. Biasanya tombol ini bisa saja berbeda-beda penulisan singkatannya di keyboard laptop. misalnya ada keyboar yang di tulis PrtSc, PrtScr, PrtScrn dan sebagainya.

Cara menggunakan tombol PrintScreen ini untuk mengambil Screenshot yaitu hanya dengan menekan tombol PrtSc di tampilan yang di inginkan lalu pastekan Screenshot yang sudah di simpan di Clipboard di aplikasi Editor gambar seperti Paint.

Beberapa cara seperti fungsi tombol PrtSc bisa juga kita gunakan dengan kombinasi tombol keyboard lainnya yaitu tombol Fn + PrtSc, Alt + PrtSc, dan Alt + Fn + PrtSc.  Jadi, terserah kepada Anda untuk memilih yang mana. Kalau menurut saya kalau ada cara yang lebih simpel kenapa harus pilih ribet. 

2. Windows + PrtSc

Cara kedua juga cukup menarik untuk di coba yaitu tekan tombol Windows (simbol jendela jangan cari tombol bertulisan Windows) lalu tekan tombol PrtSc. Maka hasilnya akan langsung di simpan ke folder Pictures lalu Screenshots di penyimpanan memori This PC.  

3. Windows + Shift + S

Cara ketiga ini lebih efektif jika ingin mengambil Screenshot hanya untuk posisi gambar tertentu bukan full screen atau bisa di bilang juga di crop lebih dulu sebelum di simpan di Clipboard lalu baru di pastekan di aplikasi editor gambar seperti Paint.

4. Windows + W 

Cara ini cukup unik yaitu dengan menggunakan tombol Windows di tambahkan tombol W.
Maka otomatis akan terbuka yang namanya Windows Ink Workspace lalu pilih Screen Sketch. Dalam tampilan Screen Sketch kita bisa menggunakan tools yang tersedia dan bisa menyimpan di folder yang kita ingin.  

5. Snipping Tools

Cara selanjutnya yaitu menggunakan sebuah aplikasi dan tidak perlu khawatir karena aplikasi ini tidak perlu di download alias sudah di masukkan ke dalam program laptop kita karena aplikasi ini masih punya hubungan  dengan Microsoft Windows sendiri. Untuk cara penggunaannya yaitu buka terlebih dulu program Snipping Tools dan silahkan pilih saja bentuk dan area yang akan di Screenshot lalu simpan di folder yang kita inginkan. Namun yang membuat cara kelima ini berbeda yaitu pada waktu mengambil kita bisa mengatur jenis pilihan dari bentuk Screenshot yang kita mau yaitu mengambilnya sesuai bentuk yang diinginkan (Free-from Snip), mengambilnya dengan bentuk persegi (Rectangular Snip), mengambilnya berdasarkan Window yang dipilih (Window Snip) dan mengambilnya dengan ukuran layar penuh (Full-Screen Snip). 

6. Game Bar

Cara terakhir yang saya ketahui yakni menggunakan Game Bar yang merupakan opsi lain untuk menggambil screenshoot atau bisa juga untuk merecord layar. Untuk mengaktifkannya gunakan kombinasi tombol Win + G. Untuk mengambil gambar kamu cukup klik pada opsi ‘Screenshoot’ atau menggunakan kombinasi tombol ‘Win + Alt + PrtSc’. Dengan begitu maka gambar tersebut akan otomatis tersimpan, yang secara default terletak di ‘C:\Users\User\Videos\Captures‘.

Demikianlah, 6 metode untuk mengambil Screenshot di komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi windows 10 dengan mudah dan tanpa harus download aplikasi. Cocok untuk yang baru menggunakan laptop karena ada beberapa metode. Serta bisa untuk memilih sesuai kebutuhan dan kemudahan masing-masing orang.

Semoga ada manfaatnya dan apabila ada yang tidak jelas boleh di tuliskan di kolom komentar. Sertakan juga cara mana yang Anda gunakan atau cara yang lain selain yang saya sebutkan di atas. Terima kasih dan selamat mencobanya.

0 Response to "5 Cara Mudah Mengambil Screenshot di Laptop Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel