Google Memutuskan Untuk Mematikan Google+ Lebih Awal Dari yang Direncanakan

Google Memutuskan Untuk Mematikan Google+ Lebih Awal Dari yang Direncanakan

Kebocoran data lain memaksa Google untuk menutup Google+ pada April 2019

OtakAtik - Pada bulan Oktober tahun ini, kami telah melaporkan bagaimana data pribadi ratusan ribu pengguna media sosial Google+ terpapar setelah kesalahan perangkat lunak antara 2015 dan Maret 2018. Setelah paparan data, Google memutuskan untuk menutup Google+ secara permanen selama rentang 10 bulan.

Namun, kebocoran data kedua yang baru ditemukan sekarang telah memaksa Google untuk mematikan banyak sebelum direncanakan. Menurut perusahaan, bug di Google+ API telah memaparkan data dari 52,5 juta pengguna, yang telah memaksa raksasa pencarian untuk mematikan Google+ pada April 2019. Perusahaan juga menambahkan bahwa bug itu diperbaiki dalam waktu satu minggu sejak diperkenalkan.

“Kami baru-baru ini menetapkan bahwa beberapa pengguna terpengaruh oleh pembaruan perangkat lunak yang diperkenalkan pada bulan November yang berisi bug yang memengaruhi API Google+. Kami menemukan bug ini sebagai bagian dari prosedur pengujian standar dan berkelanjutan kami dan memperbaikinya dalam waktu satu minggu sejak diperkenalkan. Tidak ada pihak ketiga yang mengkompromikan sistem kami, dan kami tidak memiliki bukti bahwa pengembang aplikasi yang secara tidak sengaja memiliki akses ini selama enam hari menyadarinya atau menyalahgunakannya dengan cara bagaimana pun, ”David Thacker, VP, Manajemen Produk, G Suite mengatakan dalam sebuah blog posting.

“Dengan ditemukannya bug baru ini, kami memutuskan untuk mempercepat penutupan semua API Google+; ini akan terjadi dalam 90 hari ke depan. Selain itu, kami juga memutuskan untuk mempercepat sunsetting Google+ konsumen dari Agustus 2019 hingga April 2019. Meskipun kami mengakui ada implikasi untuk pengembang, kami ingin memastikan perlindungan pengguna kami.”

Informasi profil pengguna Google+ seperti nama, alamat email, pekerjaan, dan usia terpapar bahkan ketika profil mereka ditetapkan ke tidak publik. Selain itu, aplikasi dengan akses ke data profil Google+ pengguna juga memiliki akses ke data profil yang telah dibagikan dengan pengguna yang disetujui oleh pengguna Google+ lain tetapi itu tidak dibagikan secara publik. Namun, tidak ada akses yang diberikan ke informasi seperti data keuangan, nomor identifikasi nasional, kata sandi, atau data serupa yang biasanya digunakan untuk penipuan atau pencurian identitas.

Perusahaan telah mulai memberi tahu pengguna konsumen dan pelanggan perusahaan yang terkena dampak bug tersebut. Meskipun platform akan ditutup untuk pengguna konsumen pada bulan April 2019, Google akan terus berinvestasi di Google+ untuk bisnis.

“Kami memahami bahwa kemampuan kami untuk membuat produk andal yang melindungi data Anda mendorong kepercayaan pengguna. Kami selalu menganggap ini serius, dan kami terus berinvestasi dalam program privasi kami untuk menyempurnakan proses tinjauan privasi internal, membuat kontrol data yang kuat, dan terlibat dengan pengguna, peneliti, dan pembuat kebijakan untuk mendapatkan umpan balik dan meningkatkan program kami. Kami tidak akan pernah menghentikan pekerjaan kami untuk membangun perlindungan privasi yang bekerja untuk semua orang, ”kata David Thacker dalam pernyataan penutup.

Bagi mereka yang tidak menyadari, Google+ adalah jaringan sosial berbasis Internet yang diluncurkan pada Juni 2011 dan dimiliki dan dioperasikan oleh Google. Alasan utama mengapa Google mengembangkan platform media sosial ini adalah untuk bersaing dengan platform media sosial yang berkembang pesat di Facebook.

Untuk meningkatkan basis pengguna aktif Google menghubungkan Google+ dengan layanan lain seperti Gmail dan YouTube; Namun, integrasi tidak berhasil. Bahkan, bahkan setelah investasi dan pengembangan besar-besaran, Google+ tidak mendapatkan popularitas besar di kalangan pengguna.

Apa pendapat Anda tentang Google+ ditutup? Tuliskan pendapat Anda di bagian komentar di bawah ini.

0 Response to "Google Memutuskan Untuk Mematikan Google+ Lebih Awal Dari yang Direncanakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel