Urutan Versi Sistem Operasi Android dari Terendah Sampai Terbaru

Urutan Versi Sistem Operasi Android dari Terendah Sampai Terbaru

OtakAtik - Android adalah nama resmi dari sistem operasi atau OS (Operating System) yang berbasis dari kernel Linux. Sistem operasi ini banyak digunakan pada perangkat ponsel cerdas atau smartphone yang didukung dan dikembangkan oleh Google. Seperti judul diatas pembahasan kita kali ini yaitu mengenai Urutan atau tingkatan versi Sistem Operasi Android dari terendah sampai tertinggi atau yang terbaru untuk saat ini.

Penjelasan yang sudah admin rangkum dari berbagai sumber yaitu sebagai berikut.

1. Android 1.0 No Codename (Dirilis : 23 September 2008) dan Android 1.1 Petit Four (Dirilis : 09 Februari 2009)

Tampaknya tidak ada nama kode yang ditetapkan untuk versi 1.0 Android OS.

Google membeli perusahaan bernama Android pada bulan Juli 2005. Android dikepalai oleh beberapa pemotretan besar seluler, termasuk mantan kepala operator besar, mantan pemilik pembuat ponsel, dan banyak lagi. Setelah pembelian mereka, Android masuk ke mode siluman, dan desas-desus menyebar bahwa Google sedang mengerjakan telepon seluler.

Bendungan itu akhirnya pecah pada November 2007, ketika Google tiba-tiba mengumumkan bahwa mereka memang sedang mengerjakan telepon (Google Phone). Lebih dari itu, mereka juga bekerja pada sistem operasi seluler baru yang disebut Android, berdasarkan kernel Linux, untuk digunakan oleh Open Handset Alliance, sebuah kelompok yang terdiri dari 65 pembuat perangkat keras, operator, dan perusahaan terkait seluler lainnya. .

HTC adalah pembuat ponsel pertama yang mendapatkan ponsel konsumen nyata, T-Mobile G1 (juga dikenal sebagai HTC Dream di luar AS), pada Oktober 2008.

Pembaruan Android, versi 1.1, dirilis pada Februari 2009. Menurut Android Police, versi ini secara resmi dinamai "Petit Four" , tetapi karena jarang terlihat, nama itu juga jarang disebutkan.

Versi signifikan pertama dari OS Android yang benar-benar memamerkan kekuatan platform adalah V1.5, dengan nama kode "Cupcake." Seperti Cupcake dimulai dengan huruf "C", banyak yang menduga bahwa 1.0 memiliki nama kode dimulai dengan "A" dan 1.1 memiliki satu dimulai dengan "B," tetapi tidak ada nama kode yang sebenarnya yang pernah ditugaskan. Seseorang berasumsi bahwa penyebutan "Astro" dan "Bender" sebelumnya oleh para insinyur Android dalam pembicaraan awal mengacu pada dua versi ini, tetapi mereka menyangkal demikian dalam artikel Android Police yang tertaut di atas.

2. Android 1.5 Cupcake (Dirilis : 27 April 2009)

Secara teknis Android 1.5 bukan versi pertama, tetapi versi sebelumnya tampaknya tidak menerima nama kode. Cerita diberitahu bahwa itu seharusnya versi 1.2, tetapi Google memutuskan untuk menjadikannya revisi besar dan menjadikannya sebagai gantinya. Di antara banyak perubahan dengan Cupcake, keyboard dan Widget pihak ketiga diaktifkan dan ponsel dapat mengunggah langsung ke YouTube dan Picasa. Perusahaan ini memberi nama sandi "cupcake" versi, yang merupakan cara tren nama-nama makanan penutup dimulai.

Cupcake adalah kue kecil berukuran individual yang dipanggang dalam cetakan berbentuk cangkir. Biasanya disajikan dengan frosting di atasnya.

3. Android 1.6 Donut (Dirilis : 15 September 2009)

Android V1.6, dengan nama kode "Donut," dirilis pada September 2009. Memperbaiki kesalahan reboot pada OS, mengubah fitur foto dan video (misalnya antarmuka kamera), dan menampilkan integrasi pencarian yang lebih baik. Ini juga menambahkan dukungan untuk ukuran layar yang lebih besar dan merupakan versi pertama yang menawarkan fitur navigasi belokan demi belokan Google.

Donat adalah kue goreng kecil berbentuk cincin. Cincin itu terbuat dari adonan yang kaya, ringan dan digoreng. Berbagai lapisan manis dapat ditambahkan. Donat tidak dikira sebagai bagel, yang dipanggang, jauh lebih padat, dan biasanya asin.

4. Android 2.0 - 2.1 Enclair (Dirilis : 26 Oktober 2009)

Android 2.0 dirilis pada bulan Oktober 2009, dengan versi perbaikan bug (2.0.1) keluar pada bulan Desember 2009. Android 2.1 dirilis pada bulan Januari 2010. Kebanyakan orang menganggapnya sebagai rilis tunggal. Fitur yang ditambahkan termasuk dukungan Bluetooth 2.1, flash dan zoom digital untuk kamera, dukungan multi-touch, wallpaper hidup, dan banyak lagi.

Eclair biasanya digambarkan sebagai puff krim oblong. Mereka dipanggang kue-kue dengan mengisi krim dan lapisan cokelat di atas.

5. Android 2.2 - 2.2.3 Froyo (Dirilis : 20 Mei 2010)

Android 2.2 terutama meningkatkan kecepatan dengan mengadopsi mesin kompilator Javascript "just-in-time" dari peramban Google, Chrome. Ini juga meningkatkan dukungan peramban dengan menambahkan dukungan GIF animasi dan dukungan plug-in Flash 10.1, bersama dengan penambatan USB dan kemampuan Wi-Fi Hotspot (bagi mereka yang mendukung perangkat keras).

Froyo adalah singkatan dari "frozen yogurt." Ini adalah makanan penutup beku yang terbuat dari yogurt, jadi sedikit lebih asam daripada empuk, tetapi juga lebih rendah lemak.

6. Android 2.3 - 2.3.7 Gingerbread (Dirilis : 06 Desember 2010)

Gingerbread secara resmi dirilis pada Desember 2010.

Pada 6 Desember 2010, Google secara resmi mengumumkan ponsel pertama dengan OS Android 2.3 Gingerbread. Ponsel itu adalah Nexus S, yang dikembangkan bersama Google dengan Samsung. Ponsel ini awalnya hanya tersedia untuk T-Mobile, tetapi kemudian dibuat untuk Sprint dan AT & T juga.

Gingerbread mendukung panggilan internet SIP, kemampuan transaksi nirkabel NFC (jika perangkat keras ada), lebih dari satu kamera, dan giroskop dan sensor lainnya (barometer, gravimeters, dan lainnya dimungkinkan). Ini juga dilengkapi dengan pengelola unduhan, beberapa tweak untuk memungkinkan penggunaan pada Tablet, dan tweak tingkat sistem lainnya untuk pemrogram.

Sebagai makanan penutup, roti jahe pada dasarnya adalah kue rasa jahe. Itu sering dibuat untuk merayakan liburan akhir tahun di AS. Kue-kue itu dipotong menjadi bentuk-bentuk yang meriah — sering kali bentuk seorang pria — dan dihiasi dengan lapisan gula dan permen.

TechCrunch baru saja mengungkapkan bahwa akan ada "Ice Cream Sandwich" setelah Honeycomb.

Versi Android 2.4 ditemukan pada Sony Ericssen Xperia Arc di CES 2011. Pembuat ponsel ini mengklaim versi yang salah, tetapi kemudian sumber Google menegaskan bahwa "Ice Cream" akan diumumkan di acara Google I / O pada Mei 2011 dan dirilis Juni atau Juli 2011.

Tapi tunggu, Pocket Lint mengutip Viewsonic (pembuat tablet Android, antara lain) bahwa 2.4 akan mempertahankan moniker "Gingerbread" , dan "Ice Cream" (atau "Ice Cream Sandwich") akan menjadi 3.1!

Nah, 2,4 menjadi Ice Cream tidak masuk akal, karena ini melanggar pesanan yang ada, karena nama makanan pencuci berada dalam urutan abjad, dan saya setelah H, bukan sebelumnya. Masuk akal untuk membuatnya setelah Honeycomb (3.0)

7. Android 3.0 - 3.2.6 Honeycomb (Dirilis : 22 Februari 2011)

Honeycomb dirilis pada Februari 2011, dan dengan cepat diikuti oleh 3,1 dan 3,2 pada bulan Juli dan Agustus 2011. Google memposting banyak pratinjau dan menyoroti tentang Honeycomb.

Honeycomb dibuat untuk tablet, yang menyiratkan bahwa OS Android 2.X tidak. Itu tidak menghentikan Samsung dan banyak produsen yang lebih kecil dari memadamkan Android 2.X tablet berbagai ukuran sebelum akhir 2010 ketika mereka mencoba untuk menunggangi gelombang kesuksesan iPad pada waktunya untuk musim belanja Natal.

Motorola Xoom adalah tablet Android 3.X pertama yang akan dirilis. Sejak itu telah diikuti oleh banyak orang lain.

Pencuci mulut, sarang lebah adalah lembaran sel heksagonal yang terbuat dari lilin dan diisi dengan madu. Sarang madu segar dapat dikonsumsi sebagai makanan penutup — beberapa orang mengunyah atau bahkan mengonsumsi lilin dengan madu.

8. Android 4.0 - 4.0.4 Ice Cream Sandwich (Dirilis : 18 Oktober 2011)

Ice Cream Sandwich adalah upaya Google untuk mensintesis Honeycomb, platform khusus tablet, dengan platform selulernya. Dirilis pada Oktober 2011, ia menampilkan desain baru dan font default, serta kemampuan untuk memantau dan membatasi penggunaan data seluler dan peningkatan lainnya. Banyak perangkat lambat untuk mengadopsi Ice Cream Sandwich. Tiga bulan setelah Ice Cream Sandwich, hanya satu ponsel (Samsung Galaxy Nexus) telah dirilis untuk menjalankannya.

Dalam kehidupan nyata, sandwich es krim adalah lapisan es krim, biasanya vanili, diapit di antara dua kue, biasanya cokelat. Mereka sering berbentuk persegi panjang.

9. Android 4.1 - 4.3.1 Jelly Bean (Dirilis : 09 Juli 2012)

Jelly Bean keluar pada tahun 2012. Perubahan terbesar termasuk "Google Now", asisten AI yang mengantisipasi kebutuhan Anda dan pemberitahuan yang lebih baik dan lebih interaktif. Jelly Bean juga memungkinkan "pengetikan suara," mesin pesan-ke-teks built-in yang tidak bergantung pada Internet atau data.

10. Android 4.4 - 4.4.4 KitKat (Dirilis : 31 Oktober 2013)

Google mengumumkan bahwa Android 4.4 akan diberi nama KitKat pada 3 September 2013. Perusahaan induk KitKat, Nestlé, sepenuhnya mendukung sistem operasi dan meluncurkan kampanye iklan selama rilis KitKat. Sebagai bagian dari kampanye, paket khusus Kitkat dengan Andy the Green Android pada paket masing-masing berisi kode undian yang dapat memenangkan tablet Nexus 7 Android baru atau kredit Google Play store.

KitKat mengambil fitur Google Now dan membawanya selangkah lebih maju dengan "Ok Google." Ok Google memungkinkan orang untuk mengakses Google Now tanpa menyentuh ponsel mereka — hanya dengan mengatakan secara lisan, kalimat itu membuka asisten intelijen buatan. KitKat juga memperkenalkan Emoji ke keyboard Google.

11. Android 5.0 - 5.1.1 Lollipop (Dirilis : 12 November 2014)

Android 5 disebut Lollipop, dan itu menampilkan runtime baru bernama ART yang tidak lagi bergantung pada runtime DALVIK yang lebih lama (yang agak didasarkan pada spesifikasi Sun / Oracle). Lollipop juga berisi peningkatan UI lainnya dan memiliki daya tahan baterai yang sangat baik di beberapa perangkat.

12. Android 6.0 - 6.0.1 Marshmallow (Dirilis : 05 Oktober 2015)

Android 6: Marshmallow sudah keluar untuk perangkat Nexus dan diyakini akan segera hadir untuk semua perangkat andalan sebelum akhir tahun, dan perangkat lain pada pertengahan tahun 2016.

Marshmallow memperkenalkan beberapa perubahan yang dapat berdampak signifikan. Model izin aplikasi sekarang ikut serta (berikan izin khusus seperti yang diminta) daripada tidak memilih (semua diizinkan, lalu gunakan Operasi Aplikasi untuk menjalankan izin individual). Mode tidur memungkinkan perangkat masuk ke hibernasi saat tidak digunakan, memotong konsumsi daya hingga hampir nol. Dukungan sensor sidik jari sekarang dipanggang ke dalam OS bukan dukungan vendor, dan USB C sekarang didukung sepenuhnya. Akhirnya, Marshmallow memungkinkan seseorang untuk memformat kartu microSD dan mengadopsinya seolah-olah itu penyimpanan internal dan berbagi tingkat keamanan internal yang sama.

13. Android 7.0 - 7.1.2 Nougat (Dirilis : 22 Agustus 2016)

Android 7 secara resmi dibaptis Nougat pada 30 Juni 2016, ketika status rumput terbaru terungkap di tengah-tengah gejolak (lihat foto). Perangkat ini dipersenjatai dengan kompilator Just-In-Time baru berdasarkan mesin ART, dukungan Emoji Unicode 9.0, dan API rendering 3D Vulkan baru. Patch untuk 7.1, 7.1.1, dan 7.1.2 diikuti pada tahun 2017.

14. Android 8.0 - 8.1 Oreo (Dirilis : 21 Agustus 2017)

Android 8, bernama Oreo setelah cookie terkenal, dirilis pada Q3 2017. Perubahan utamanya adalah "Project Treble", di mana itu membuat OS lebih modular sehingga upgrade OS dapat dirilis lebih cepat oleh produsen. Dukungan Emoji telah diupdate ke Unicode 10, dengan peningkatan kerangka kerja pemberitahuan beberapa dukungan tampilan, dan fitur lainnya. Dengan cepat diikuti oleh 8.1 pada bulan Desember 2017 dengan "Oreo Go Edition" untuk perangkat low-end serta API yang ditingkatkan untuk beberapa fungsi internal.

15. Android 9.0 Pie (Dirilis : 06 Agustus 2018)

Tidak ada yang diketahui tentang nama akhir untuk Android 9.0 selain yang akan dimulai dengan huruf P. Pratinjau ini disediakan oleh Google pada Juni 2018.

Dari beberapa Urutan Versi Android dari Terendah Sampai Tertinggi atau terbaru di atas, tentu Anda pernah memiliki smartphone android yang menggunakan OS dari salah satu versi tersebut. Silahkan berkomentar OS Android versi berapa yang sekarang Anda gunakan !

Semoga informasi terkait Urutan Versi Android dari Terendah Sampai Tertinggi ini bisa membantu pengetahuan anda mengenai kumpulan versi android dari yang lama hingga terbaru. Terima kasih dan sampai jumpa.

0 Response to "Urutan Versi Sistem Operasi Android dari Terendah Sampai Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel