Gagal Upgrade Kartu SIM Telkomsel ke 4G Karena Terdaftar Jasa Perbankan

Gagal Upgrade Kartu SIM Telkomsel ke 4G Karena Terdaftar Jasa Perbankan

OtakAtik - Sebenarnya sudah lama saya ingin mengupgrade kartu sim telkomsel milik saya ke jaringan 4G. Namun moment yang kurang tepat atau sering menunda-nunda yang menyebabkan saya tidak sempat melakukannya saat itu. Tentunya, saya tidak diam begitu saja tanpa mencari referensi dari pengalaman orang lain atau teman yang sudah melakukan upgrade sim cardnya ke 4G.

Dari salah seorang teman menyebutkan yang bahwa kartu sim telkomsel milik ayahnya yang telah di upgrade ke 4G, hilang semua kontaknya. Jadi, teman saya tersebut mengingatkan saya agar mem back-up terlebih dulu kontak yang saya miliki di kartu sim yang ingin di upgrade.

Setelah saya mengupgrade ke 4G ternyata memang benar, kontak yang saya miliki hilang. Kontak hilang disini dikarenakan kartu lama kita dipindahkan ke kartu sim baru namun kontaknya masih ada di kartu sim lama. Untuk pulsa dan paket tetap ada di kartu barunya.

Ada salah satu teman saya yang mengatakan kepada saya bahwa ketika mau upgrade ke 4G. Bilang saja sama operatornya, kontaknya jangan hilang gimanapun caranya. Kemarin saya lupa bilang dan ternyata hilang alias tertinggal di kartu sim lama seperti yang saya katakan sebelumnya.

 Kuota Internet Gratis hingga 10GB

Ada juga salah satu teman saya yang melakukan upgrade kartu sim telkomselnya dengan harapan bisa mendapatkan Kuota Internet Gratis hingga 10 GB. Namun, hasilnya tidak ada sama sekali. Setelah saya cari tau kenapa tidak mendapatkannya. Alasannya karena tidak terpenuhi syarat dan ketentuan untuk mendapatkan kuota internet gratisnya. 

Dilansir dari laman resmi Telkomsel, berikut syarat dan ketentuannya:

1. Berlaku bagi pelanggan Telkomsel yang sudah menggunakan perangkat 4G tapi belum menggunakan kartu 4G.

2. Berlaku di kota-kota yang sudah terdapat jaringan 4G Telkomsel. Untuk daftar lengkap kota-kota yang sudah terdapat jaringan 4G.



3. Bonus kuota 4G hanya berlaku untuk:
- Pelanggan yang berhak mendapatkan bonus kuota 10GB 4G adalah pelanggan dengan masa aktif kartu lebih dari 6 bulan dan penggunaan lebih dari Rp100.000.
- Pelanggan yang berhak mendapatkan bonus kuota 5GB 4G adalah pelanggan dengan masa aktif kartu lebih dari 3 bulan dan penggunaan kurang dari Rp100.000.

4. Pelanggan prabayar (simPATI, KARTU As, Loop) tidak dikenakan biaya untuk penukaran kartu 4G saat sampai di alamat pengiriman.

5. Biaya pengiriman gratis bagi pelanggan simPATI, KARTU As, dan Loop.

6. Khusus pelanggan kartuHalo dapat melakukan ganti kartu 4G di GraPARI atau MyGraPARI terdekat.

7. Syarat dan ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

ilustrasi ktp indonesia

Di tempat saya tinggal ada 2 Grapari yang cukup terjangkau. Sebut saja Grapari Utama dan Grapari Mini. Di Grapari Utama untuk biaya upgrade ke 4G Gratis dengan syarat membawa KTP asli dan untuk Grapari Mini biaya upgrade ke 4G hanya untuk biaya kartu baru saja seharga 3000 rupiah tanpa perlu pake KTP. 

Sebelum saya upgrade kartu sim ke 4G di Grapari Mini. Pernah ada yang mengatakan kepada saya yang bahwa saya harus isi pulsa 50.000 disitu untuk melakukan upgrade. Namun, kenyataan tidak begitu karena yang harus saya bayar hanya biaya kartu baru saja. Disini saya tetap mengisi ulang pulsa sebanyak 50.000 untuk membeli paket nantinya. Lumayan harga 50.000 pulsa sama dengan Rp50.000 saja. Beda 2000 dengan isi ulang pulsa di konter kan.

kartu 4G dari konter terdekat

Kartu sim telkomsel yang masih 2G/3G yang ingin melakukan upgrade ke 4G memang bisa dilakukan sendiri. Yang kita butuhkan untuk upgrade sendiri hanya sebuah kartu baru yang akan dijadikan tumbal. Kata-katanya agar ngeri ya. haha

Kartu sim yang sudah support 4G bisa dilihat di kemasannya sebelum membeli di konter terdekat.

Untuk tutorial mengupgrade kartu sim ke 4G sendiri lebih lengkapnya sudah saya sediakan di bawah ini.


Kembali ke pembahasan kita.

Seminggu yang lalu tepatnya hari Kamis, tanggal 29 Agustus yang lalu saya menyempatkan diri ke Grapari mini karena lebih dekat, untuk melakukan upgrade salah satu kartu yang saya miliki. Kira-kira waktu tempuh 10-15 menit untuk sampai di Grapari mini tersebut dari tempat tinggal saya. Lalu jika ingin ke Grapari utama mungkin saja membutuhkan waktu tempuh 1 jam perjalanan atau lebih tergantung kecepatan juga.

Sesudah sampai di Grapari Mini saya masuk dan langsung mengatakan tujuan saya tanpa harus mengantri karena tidak ada pelanggan lain. 

Ketika operatornya bertanya apakah kartu yang ingin di upgrade terhubung dengan jasa perbankan dan refleks saya menjawab iya. Karena tahun yang lalu saya sempat membuat M-Banking sewaktu saya membuat ATM karena saya pikir sekalian aja. Tapi, gak terpakai juga sampai sekarang saya sudah lupa passwordnya dan catatan tentang passwordnya juga sudah hilang.

Operatornya pun membalas yang bahwa tidak bisa untuk mengupgarde jika terhubung dengan jasa perbankan. Solusinya saya harus ke Grapari utama ditempat saya ini dengan syarat membawa KTP asli.

terdaftar sebagai pengguna jasa perbankan

Sayapun kasih liat screenshot SMS yang berisi tentang tidak bisa melakukan upgrade karena nomor bersangkutan terdaftar dengan jasa perbankan.

Operator pun bertanya lagi Mungkin ada kartu lain yang ingin di upgrade. Boleh juga saya pikir karena biar gak rugi kesitu kan. Akhirnya saya menyodorkan kartu sim telkomsel yang masih 3G lainnya. Kartu utama saya sebelum pake internetan di Android.

Kartu ini saya gunakan di handphone Nokia Asha 210 saya.

Nokia Asha 210

Saya menyebutkan nomornya. Setelah operator tau nomor dari kartu sim saya. operatorpun menyebutkan pulsa yang saya miliki sejumlah 13.000an dan kartu saya dalam masa tenggang.

Operator mengatakan harga kartu sim baru 3000 dan kalau mau isi pulsa, isi yang berapa.

Karena rencana saya mau beli paket maka saya langsung isi pulsa yang 50.000.
Lumayan harganya dapat Rp.50.000 juga.

Setelah diproses dan saya melakukan pembayaran.

Operator bertanya lagi, "Apa ada yang masih bisa saya bantu lagi ?"

Saya iseng nanyain soal tracking no ponsel dan awalnya kayak gak paham si operator itu dengan kata "Tracking" ini.

Sayapun mengganti dengan kata "Melacak" dan baru diberi penjelasannya.

Tapi pembahasan mengenai "Melacak melalui no ponsel" akan saya bagikan di postingan yang lainnya.

Kembali ke tema pembahasan kita, karena disini saya belum ke Grapari Utama untuk melakukan upgrade kartu sim ke jaringan 4G. Jadi, kelanjutannya akan saya bahas setelah saya ke Grapari Utama. Gimana proses dan apa hasilnya. Maka dari itu tetap ikuti terus blog ini.

VIDEO DALAM PROSES...

0 Response to "Gagal Upgrade Kartu SIM Telkomsel ke 4G Karena Terdaftar Jasa Perbankan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel