4 Keuntungan Menggunakan Mode Gelap (Dark Mode) di Gadget

4 Keuntungan Menggunakan Mode Gelap (Dark Mode) di Gadget

OtakAtik - Dark Mode atau Mode Gelap, pasti sudah tidak asing lagi kedengarannya. Namun, untuk apa sih mode gelap ini. Ayo kepoin aja !


Apa itu Mode Gelap ?

Mode Gelap adalah sebuah mode tambahan yang dapat digunakan untuk menampilkan interface versi gelap. Desain dari mode gelap ini akan mengurangi cahaya yang dipancarkan oleh layar perangkat sambil mempertahankan warna minimum rasio kontras yang diperlukan. Mode gelap tersebut mengubah warna dominan menjadi hitam.

Tentunya dari berbagai fitur yang terdapat pasti ada yang namanya pro dan kontra. Apa sih pro dan kontra dari Mode Gelap ini.  

 Kelebihan Mode Gelap : Menghemat energi atau penggunaan daya baterai, sehingga memungkinkan penggunaan perangkat dalam mode gelap akan lebih lama tanpa melakukan pengisian ulang. Mengurangi kelelahan pada mata, mode gelap ini akan meningkatkan ergonomi visual dengan mengurangi ketegangan pada mata. Kontras yang lebih baik, kondisi cahaya di mode gelap ini akan memberikan kenyamanan penggunaan di malam hari atau di lingkungan gelap. Lebih aman dari Fotofobia,  fotofobia ini adalah suatu kondisi mata yang sangat sensitif dengan cahaya. Misalnya nih, Kamu baru selesai menonton bioskop dan kembali ke ruangan yang intensitas cahayanya cukup terang. Nah, disaat itulah mata kamu akan sensitif sehingga jadi tidak nyaman atau terasa sakit karena sedang berusaha untuk menyesuaikan dengan cahaya di lingkungan sekitar. Kejadian seperti inilah yang disebut dengan fotofobia.

Kelebihan Mode Gelap :

  1. Menghemat energi atau penggunaan daya baterai, sehingga memungkinkan penggunaan perangkat dalam mode gelap akan lebih lama tanpa melakukan pengisian ulang.
  2. Mengurangi kelelahan pada mata, mode gelap ini akan meningkatkan ergonomi visual dengan mengurangi ketegangan pada mata.
  3. Kontras yang lebih baik, kondisi cahaya di mode gelap ini akan memberikan kenyamanan penggunaan di malam hari atau di lingkungan gelap.
  4. Lebih aman dari Fotofobia,  fotofobia ini adalah suatu kondisi mata yang sangat sensitif dengan cahaya. Misalnya nih, Kamu baru selesai menonton bioskop dan kembali ke ruangan yang intensitas cahayanya cukup terang. Nah, disaat itulah mata kamu akan sensitif sehingga jadi tidak nyaman atau terasa sakit karena sedang berusaha untuk menyesuaikan dengan cahaya di lingkungan sekitar. Kejadian seperti inilah yang disebut dengan fotofobia.


Dengan mayoritas layar gelap, silau layar berkurang, sehingga meminimalkan berkedip dan cahaya biru.


Kekurangan Mode Gelap :


Kekurangannya tergantung siapa yang menggunakannya, kapan digunakannya dan untuk apa digunakannya.


Platform yang menggunakan Mode Gelap   Kalau berbicara platform apa yang sudah menggunakan mode gelap. Mulai dari Android, iPhone, Laptop dan PC. Tentunya sudah banyak, memang meskipun tidak terdapat di semua tipe. Bahkan di berbagai aplikasi pun sudah banyak yang telah menambahkan mode gelap sebagai tampilan tambahannya, seperti facebook, instagram, twitter, youtube, bahkan baru saja beredar jika whatsapp juga akan meluncurkan tampilan mode gelapnya.

Platform yang menggunakan Mode Gelap


Kalau berbicara platform apa yang sudah menggunakan mode gelap. Mulai dari Android, iPhone, Laptop dan PC. Tentunya sudah banyak, memang meskipun tidak terdapat di semua tipe. Bahkan di berbagai aplikasi pun sudah banyak yang telah menambahkan mode gelap sebagai tampilan tambahannya, seperti facebook, instagram, twitter, youtube, bahkan baru saja beredar jika whatsapp juga akan meluncurkan tampilan mode gelapnya.

Nah, saya rasa masih banyak platform yang sudah menggunakan mode gelap tapi belum saya sebutkan. Bisa kalian sebutkan dikolom komentar. 

Apabila postingan ini bermanfaat maka silahkan dibagikan dan apabila ada pembahasan yang kurang jelas silahkan tinggalkan komentar. 

Sekian dan Terima Kasih

0 Response to "4 Keuntungan Menggunakan Mode Gelap (Dark Mode) di Gadget"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel