-->

10 Fakta Menarik Tentang Iran, Bisa Poligami Hingga Nikah Kontrak

10 Fakta Menarik Tentang Iran, Bisa Poligami Hingga Nikah Kontrak

OtakAtik - Iran merupakan sebuah negara di Timur Tengah yang terletak di kawasan Asia Barat Daya. Meskipun negara ini dari dulu telah dikenal dengan sebutan Persia bahkan sampai sekarang tetap dikenal begitu di dunia Barat. Pada tahun 1959, Mohammad Reza Shah Pahlavi mengumumkan bahwa kedua istilah tersebut boleh digunakan.

Ternyata, Persia merupakan bahasa resmi Negara Iran. Nah, ingin tahu lebih jelasnya, inilah 10 fakta unik Negara Iran yang jarang diketahui orang.

10 Fakta Menarik Tentang Iran, Bisa Poligami Hingga Nikah Kontrak


1. Tempat Kucing Persia Berasal

Tahukah Anda kucing persia dianggap sebagai ras kucing tertua kucing ini berasal dari dataran tinggi di Iran. Siapa sih yang tidak suka kucing yang lucu, berbulu halus panjang, dan berwajah bulat ini? Saya yakin pasti para pecinta kucing sangat menginginkannya. Kucing Persia ini sudah ada sejak abad ke -16 dan banyak pedagang yang berasal dari Italia membawa ke Eropa pada abad ke – 17. Kucing Persia dijadikan sebagai hewan peliharaan kesayangan bagi kalangan kaum bangsawan waktu itu.


Kalangan pecinta kucing sangat mengidam-idamkan kucing ini. Saat ini kucing Persia sudah banyak dikembangbiakkan dan bukan hanya dari kalangan bangsawan saja yang bisa memiliki kucing ini namun semua orang bisa memilikinya meskipun harganya masih cukup mahal. Kucing yang satu ini salah satu kucing yang bernilai tinggi. Seiring dengan perkembangan zaman kucing ini sering tampil dalam beberapa pameran atau kontes kucing. Apakah Anda berminat untuk menjadikan kucing ini sebagai hewan peliharaan?

2. Tingkat Polusi Udara Terburuk di Dunia

Masih ingatkah Anda Ibukota Negara Iran? Iya benar sekali. Ibukota Negara Iran adalah Teheran. Menurut World Health Organization (WHO) mengenai tingkat polusi udara terburuk di dunia, hasil survey menunjukkan bahwa Negara Iran masuk ke dalamnya.yang menjadi permasalahan di kota- kota besar lainnya, seperti di kota Teheran ialah kemacetan lalu lintas yang dan populasi yang menjadi masalah terbesar dan sulit diatasi selama 10 tahun terakhir ini.


Hal ini menyebabkan aktivitas di kota terganggu. Setiap hati diperkirakan sekitar 27 orang yang meninggal dikarenakan oleh polusi udara. Banyak pula Negara-Negara lain yang mengamati Negara Iran dikarenakan tingkat polusi udara yang memprihatinkan. Pemerintah seharusnya memberikan tindakan khusus untuk mengurangi polusi sehingga tidak memakan korban tiap harinya.

3. Perempuan Usia 9 Tahun Sudah Boleh Dinikahkan

Berapa usia diperbolehkan menikah? Tahukan Anda di Negara Irak usia pernikahan anak perempuan 9 tahun, namun banyak kontroversi dan pertentangan dari berbagai pihak. Dikarenakan usia 9 tahun itu masa- masa bermain bagi seorang anak untuk bersenang-senang belum waktunya untuk menikah.


Akhirnya saat ini usia pernikahan anak perempuan di Negara Irak 13 tahun sedangkan anak laki- laki dapat menikah pada usia 15 tahun. Dengan adanya pernikahan anak- anak tersebut kekerasan dalam rumah tangga semakin meningkat dan banyak terjadi kasus perceraian dalam rumah tangga. Pernikahan dini ini menjadi masalah serius di Negara Iran. Pada tahun 2010 ada sekitar 42 ribu pernikahan dini yang melibatkan anak usia sepuluh sampai 14 tahun.

4. Poligami Adalah Hukum di Negara Iran

Poligami, bagaimana jika Anda mendengar kata- kata itu? setujukah kalian dengan poligami. Apa yang membuat Anda tidak setuju atau tidak setuju?. Tahukah Anda poligami adalah hukum di Negara Iran. Seorang laki- laki di Iran dapat menikahi sampai empat istri.


Seorang suami yang akan melakukan poligami wajib memberitahukan kepada calon istrinya mengenai tentang statusnya. Melihat fenomena tersebut, Negara ini menjadi sorotan Negara- Negara lain dan menjadi buah bibir Negara lain yang penduduknya juga mayoritas penganut agama islam. Banyak perempuan Iran yang menentang tentang hukum poligami.

5. Google Earth Digunakan Untuk Memata-matai

Semua orang pasti tidak asing dengan google earth. Seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi saat ini banyak sekali manfaatnya.


Pada tahun 2012 negara Iran menggunakan google earth sebagai salah satu alat yang digunakan untuk memata- matai hal ini diumumkan oleh salah satu kepala polisi di Iran. Selain itu, pemerintah Iran juga ingin membentuk “Internet Nasional” yang akan berada di bawah kontrol mereka.

6. Produksi Karpet Tenun Terbesar di Dunia

Negara Iran menjadi salah satu Negara produksi tenun terbesar pada tahun 2007. Hal ini dibuktikan dengan salah satu contoh dari karpet tenun indah lebih dari 2.500 tahun lamanya. Ada sesuatu hal yang sangat aneh pada proses penenunan.


Ketika para pembuat karpet dan penenun di Irak sering melakukan kesalahan dengan sengaja. Hal ini dikarenakan mereka ingin menunjukkan keyakinan mereka bahwa “hanya Tuhan yang sempurna”. Komoditas terbesar kedua dari Negara Iran adalah karpet, hal ini dibuktikan pada tahun 2007 dengan berhasilnya memproduksi karpet buatan tangan terbesar di dunia.

7. ‘Kawin Kontrak’ itu Lazim di Iran

Dulu Nikah Mut’ah memang sempat diperbolehkan dalam Islam tetapi mengingat dampak negatifnya yang lebih besar. Maka sudah tidak diizinkan lagi melakukannya.


Hal yang tak kalah aneh yaitu pernikahan jangka pendek yang masih diizinkan oleh hukum syariat di sekolah Syiah tertentu. Pernikahan ini bisa bertahan satu jam untuk beberapa tahun saja tergantung dengan kontrak menikah yang telah disetujui kedua belah pihak.

8. Puisi Memegang Tempat Khusus Dalam Budaya Iran

Ternyata Negara Iran juga mengenal sastra. Hal ini dilihat dari karya puisi yang dikenal dengan sebutan Shahnameh atau The Epic of Kings. Puisi juga memegang tempat khusus di Negara Irak.


Ternyata di Iran, seni ini memiliki tempat tersendiri. Wah siapa sangka ya, negara yang terkesan kaku ini rupanya juga puitis?

9. Mahalnya Pernikahan Tradisional

Siapa yang tidak ingin pernikahannya dirayakan dengan bagus dan mewah? Pasti Anda semua juga sangat mengidam- idamkan sebuah pernikahan yang tentunya akan sangat berkesan nantinya. Tahukah Anda pernikahan tradisional di Iran sangat mahal.


Pemerintah akan membayar biaya untuk pernikahan massal hal ini disebabkan oleh mahalnya biaya pernikahan yang akibatnya banyak dari mereka yang tidak menikah.

10. Yoghurt Menjadi Makanan Keajaiban

Siapa yang tidak mengenal makanan satu ini yaitu yoghurt? Semua pasti mengenal. Yoghurt sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di Negara Iran yoghurt biasa disebut “susu persia” dan masyarakan Iran banyak yang menganggap bahwa yoghurt adalah makanan keajaiban.


Mungkin anggapan mereka seperti itu dikarenakan masyarakat Iran yoghurt digunakan untuk mengobati bisul, meredakan kulit yang terbakar, dan bahkan memperpanjang hidup. Ada beberapa masyarakat yang menggunakan yoghurt sebagai masker wajah.

Nah itu dia 10 fakta menarik tentang negara Iran yang jarang diketahui orang. Tertarik untuk jalan-jalan ke sana?

reference : boombastis

0 Response to "10 Fakta Menarik Tentang Iran, Bisa Poligami Hingga Nikah Kontrak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel