Cara Memasukkan PIN Verifikasi Google AdSense

Cara Memasukkan PIN Verifikasi Google AdSense


OtakAtik - Awal Pengiriman PIN (Personal Identification Number) atau Nomor Pengenal Pribadi dari Google AdSense pada 09 Agustus 2019. Saat sudah sebulan lebih sayapun memutuskan untuk menjemputnya ke Kantor Pos terdekat yaitu di Kecamatan saya tetapi hasilnya nihil.

Setelah menunggu selama 2 bulan lebih akhirnya saya memutuskan untuk mereqeust atau meminta pengiriman PIN untuk kedua kalinya dengan alamat kantor Pos yang berbeda. Tepatnya tanggal 23 Oktober 2019 saya melakukan itu dan pertengahan bulan Desember 2019 saya cek lagi ke Kantor Pos kedua namun hasilnya tetap nihil.

Alhamdulillah, pada tanggal 02 Januari 2020 saya mendapatkan Surat PIN verifikasi dari Google AdSense di Kantor Pos Kecamatan (Pos Pertama) setelah saya menjemput kesana. Sedikit bingung kalau Surat Cinta yang saya terima itu, apakah surat yang pertama atau yang kedua. Setelah itu sayapun menuju ke kantor Pos yang kedua dan tidak ada hasilnya.

Alhamdulillah, pada tanggal 02 Januari 2020 saya mendapatkan Surat PIN verifikasi dari Google AdSense di Kantor Pos Kecamatan (Pos Pertama) setelah saya menjemput kesana. Sedikit bingung kalau Surat Cinta yang saya terima itu, apakah surat yang pertama atau yang kedua. Setelah itu sayapun menuju ke kantor Pos yang kedua dan tidak ada hasilnya.


Sempat bingung dengan Surat PIN yang saya terima karena apabila ini surat pertama bukan yang kedua, katanya tidak bisa untuk melakukan verifikasi. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya yaitu dengan mencobanya dan hasilnya ternyata PIN sukses.

Bagi Anda publisher Adsense baik blogger atau youtuber, pasti akan dihadapkan pada verifikasi PIN ini. AdSense punya aturan verifikasi ketika mencapai jumlah minimal ambang batas penghasilan. Tiap negara berbeda pula dan khusus di Indonesia, jika penghasilan Adsense telah mencapai $10 maka saat itulah waktunya untuk menerima PIN verifikasi.

Verifikasi ini dilakukan Google secara manual. Maksudnya, pihak Google akan mengirimkan Surat Google AdSense berisikan PIN verifikasi ke alamat yang didaftarkan melalui kantor Pos Indonesia. Jika PIN tersebut tidak diterima selama 4 bulan sejak dikirmkan, maka iklan yang sudah tayang akan dihentikan sementara.

Pihak Google Adsense memberi para publishernya kesempatan untuk meminta PIN sebanyak tiga kali. Namun, jika PIN tidak juga diterima dan proses verifikasi tidak dilakukan, maka bersiaplah untuk melakukan verifikasi data dengan KTP dan Rekening Bank. Untuk lebih jelasnya silahkan googling saja karena saya sendiri kurang paham.


Untuk penjelasan lebih rinci dan lengkapnya, silahkan baca di Support Google.

Cara Verifikasi Alamat dengan PIN Adsense


Silahkan dibuka surat dari Google AdSense yang sudah ditangan dengan hati-hati. Cukup sedikit saja membuka sisi sebelah kanan surat untuk melihat 6 digit PIN AdSense.

Proses verifikasinya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka surat dari Google Adsense
  • Lihat dan ingat 6 digit PIN 
  • Kemudian login ke akun Google Adsense Anda
  • Ada beberapa langkah untuk mengakses bagian verifikasi Adsense. Salah satu cara paling mudahnya adalah dengan mengklik bagian notifikasi yang muncul di dashboard AdSense
  • Untuk cara lainnya yaitu dengan masuk ke Menu Akun Informasi Akun → Verifikasikan Alamat → Masukkan PIN → Kirim PIN
  • Apabila tidak ada tanda notifikasi berhasil maka silahkan refresh halaman dan kembali ke halaman masukkan PIN untuk melihat hasilnya.


Ingat ya !! jangan sampai salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali. Apabila sudah yakin benar dengan PIN yang dimasukkan silahkan klik Kirim PIN. 

Lalu, setelah verifikasi akun telah berhasil, langkah selanjutnya yaitu dengan memverifikasi rekening bank untuk proses pembayaran atau gajian dari Google AdSense.

Perlu diingat yang bahwa Google Adsense bukanlah cara menghasilan uang dengan cepat di internet. Semua juga harus diusahakan. Salah langkah, bisa-bisa Anda kehilangan segalanya. Jadi perlakukanlah akun Adsense Anda dengan baik agar bisa terus berpenghasilan dan terhindar dari hal buruk yang tidak diinginkan.


Untuk memasukkan PIN Verifikasi dari Google AdSense bisa juga ditonton melalui video dibawah postingan ini.

Apabila postingan ini bermanfaat maka silahkan dibagikan dan apabila ada pembahasan yang kurang jelas silahkan tinggalkan komentar. 

Sekian dan Terima Kasih

0 Response to "Cara Memasukkan PIN Verifikasi Google AdSense"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel