Waspada ! Aplikasi Begini Bisa Mencuri Data Penting

Waspada ! Aplikasi Begini Bisa Mencuri Data Penting

OtakAtik - Pasti sudah sering melihat berita beredar mengenai aplikasi Android yang bisa mengambil data-data penting kamu. Bukan hanya aplikasi yang terdapat diluar Play Store saja tetapi ada juga yang berbahaya meskipun sudah masuk di Play Store.

Jika yang di beritakan mengenai aplikasi berbahaya dari Developer yang sama yang merilis beberapa aplikasi di Play Store. Namun, yang ingin saya tekankan disini yaitu Permintaan Perizinan yang tak logis, terlepas dari apapun aplikasinya dan siapapun yang punya wewenang.


Saya hanya berfokus ke Permintaan perizinan pada Aplikasi di Play Store yang tidak logis. Tidak dari segi lainnya yang masih punya potensi berbahaya, misalnya ditanamnya suatu script atau backdoor di dalam aplikasi tersebut.

Waspada ! Aplikasi Begini Bisa Mencuri Data Penting

Berikut contoh gambar dari Permintaan Perizinan yang berlebihan dari sebuah aplikasi.

Gambar dibawah Perizinan sebelum diinstall

Gambar dibawah Perizinan sebelum diinstall


Gambar dibawah Perizinan sesudah diinstall

 Gambar dibawah Perizinan sesudah diinstall

Disini akan saya bedah kenapa saya sebut Permintaan Perizinan yang berlebihan. Berlebihan disini karena aplikasi yang diinstall yaitu berupa aplikasi Change My Voice (Ubah Suara Saya). Logikanya disini apakah aplikasi yang hanya bertujuan untuk mengubah suara harus memberikan akses identitas dan hal yang mendetail lagi.

Saya bedah satu persatu perizinan aplikasi :
  • Identitas (Kontak) - Apa hubungannya aplikasi yang hanya digunakan untuk mengubah suara harus mengakses kontak ?
  • Lokasi - Apakah memberikan akses lokasi membuat hasil suara lebih bagus ?
  • Foto/Media/File (Penyimpanan) - Ini memang diperlukan untuk menyimpan hasil rekaman suara yang sudah diubah !
  • Mikrofon - Ini juga dibutuhkan karena namanya juga aplikasi pengubah suara, jika mikrofon mati gimana mau ada suara untuk diubah kan.
  • Informasi sambungan Wi-Fi - Tidak ada hubungannya dengan pengubah suara karena tanpa ada akses inipun koneksi internet tetap dipakai.
  • ID Perangkat & informasi panggilan (Telepon) - Sangat tidak ada hubungannya yang ini mengingat aplikasi hanya untuk mengubah suara.



Permintaan Izin Akses dari suatu aplikasi seperti diatas adalah berlebihan dan untuk aplikasi pengubah suara saja. Pada umumnya, aplikasi seperti ini hanya Meminta Izin Akses untuk Mikrofon dan Penyimpanan tetapi ada juga yang meminta akses ke Telepon. Namun kalian bisa untuk mematikannya juga di izin akses aplikasi.

Gambar dibawah merupakan Perizinan dari suatu aplikasi yang wajar.

Perizinan dari suatu aplikasi yang wajar

Intinya jangan pernah menyepelekan persoalan begini karena dampaknya sangat besar. Semuanya kembali kepada pengguna masing-masing apakah sudah siap dengan segala resiko jika tetap melakukannya.

Demikianlah tulisan yang dapat saya bagikan kali ini. Hal ini adalah pengalaman pribadi yang ingin saya sampaikan dalam bentuk sebuah tulisan. Jika ada hal yang ingin kalian sampaikan silahkan ditulis di kolom komentar !!!

0 Response to "Waspada ! Aplikasi Begini Bisa Mencuri Data Penting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel