-->

10 Aplikasi yang Wajib Diinstall Di Laptop Baru

10 Aplikasi yang Wajib Diinstall Di Laptop Baru

OtakAtik - Saat membeli laptop baru, terkadang kita menjadi bingung aplikasi apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung produktivitas kita sehari-hari. Untuk itu, Admin akan memberikan rekomendasi 10 aplikasi terbaik yang wajib kamu install di laptop barumu.

Kalau laptopnya udah lama boleh gak yan ? Tentu saja boleh.


10 Aplikasi yang Wajib Diinstal di Laptop Baru Windows 10


1. Microsoft Office


Software wajib install yang pertama adalah Microsoft Office. Nggak heran lagi kalau software ini yang jadi daftar pertama kita. Jelas banget! Entah buat sekolah, kerja, atau keperluan lain, Microsoft Office adalah software wajib yang harus kamu install.

Pasalnya, Microsoft Office menyediakan aplikasi perkantoran yang memang dirancang agar bisa dipakai di OS Windows dan Mac OS. Untuk Alternatifnya, kamu juga bisa menginstall WPS Office yang berukuran agak lebih kecil atau Libreoffice yang opensource.

2. Google Chrome


Google Chrome merupakan pilihan browser terbaik untuk sistem operasi Windows. Memang sih, di Windows terdapat Internet Explorer atau Microsoft Edge yang menjadi browser bawaan. Namun, tampilannya kurang menarik dan fiturnya pun tidak lengkap. Dengan Google Chrome, kamu bisa mengakses internet dengan lebih mudah dan cepat.

Bahkan kalau fitur itu masih kurang, kamu bisa menggunakan ekstensi. Dengan begini, apapun kerjaan kamu bisa terselesaikan. Jadi nggak salah dong kalau Google Chrome menjadi salah satu software yang wajib kamu install untuk PC atau Laptop baru mu.

3. Internet Download Manager


Buat kamu yang sering download file apa pun di internet, mulai dari software, film, lagu, dan sebagainya pasti tahu dong IDM alias Internet Download Manager?  Yap, dengan software yang sangat bermanfaat ini, download file apa pun jadi jauh lebih cepat. Bahkan menurut beberapa test, IDM bisa 10x lebih cepat dan praktis. 

Hebatnya lagi, kalau proses download kamu berhenti di tengah jalan, karena koneksi internet yang putus, atau kuota habis, tenang aja. Karena kamu tetap bisa melanjutkan download di lain waktu, bahkan di komputer lain. IDM juga memiliki plug-in untuk men-download video YouTube secara langsung di browser kamu.


4. WinRAR


WinRAR adalah software yang bisa digunakan untuk mengkompres kumpulan file menjadi sebuah file ZIP atau RAR, sekaligus berfungsi sebagai extractor untuk membuka berbagai file berformat ZIP, RAR, JAR, ISO, dan sebagainya. WinRAR merupakan software dengan fungsi yang lengkap dan wajib ada di laptop atau PC kamu.

5. Antivirus


Banyak antivirus versi gratis yang bisa digunakan di laptop barumu, namun tetap saja kinerjanya tidak akan semaksimal versi premiumnya. Nah, maka dari itu menggunakan software antivirus bawaan Microsoft sudah cukup saya kira.

Meskipun Windows Defender tidak akan mengalahkan Bitdefender atau Kaspersky dalam perlindungan malware, tetapi mempertahankan diri terhadap produk antivirus gratis lainnya, sambil memberikan dampak sistem-kinerja yang kecil dan sejumlah fitur tambahan yang mengejutkan, termasuk kontrol dan perlindungan orang tua dan anak untuk semua browser. 

Namun, jika kamu ingin menggunakan Antivirus yang versi premiumnya, pastikan software tersebut sudah punya sertifikat dan lolos uji lab. 

6. Format Factory


Dari banyaknya software untuk mengubah format musik atau video, hanya segelintir yang nyaman untuk digunakan. Salah satunya yaitu Format Factory, dengan software ini kamu bisa mengubah format dari berbagai file seperti video, audio dan lain sebagainya. 

Prosesnya cepat dan mudah. Kamu juga bisa mengatur kualitas dari file keluaran yang kamu ubah formatnya.

7. Foxit Reader


Salah satu format file dokumen yang paling banyak digunakan adalah PDF.  Tau kenapa ? Sebab, ukurannya jadi lebih kecil, sehingga mempercepat proses pengiriman lewat e-mail. 

Nah, untuk membuka file berformat PDF, kamu memerlukan software khusus. Pilihan software terbaik untuk membuka file PDF adalah Foxit Reader. Sebab, software ini memiliki ukuran file jauh lebih kecil dan lebih ringan, untuk dijalankan. 

Fiturnya juga nggak kalah dengan PDF Reader lainnya.

8. GOM Player


Salah satu aktivitas yang biasa dilakukan di PC atau laptop adalah menonton video. Baik yang berupa video klip musik,  TV series, atau film. Supaya menonton film dan video lain lebih lancar, kamu butuh software video player alias pemutar video yang berkualitas. Video player terbaik yang bisa kamu gunakan adalah GOM Player. 

Software ini mampu memutar video dengan format file apa pun. Video player ini juga memiliki ukuran file yang kecil dan relatif ringan ketika dijalankan. Fitur-fiturnya juga banyak dan lengkap. Bahkan GOM Player juga bisa digunakan untuk streaming video dari internet !

9. Adobe Photoshop


Software yang tepat untuk mengolah serta mengedit gambar dan foto, jawabannya adalah Adobe Photoshop. Tidak diragukan lagi fitur-fitur untuk mengedit foto atau untuk membuat desain sederhana, yang bisa digunakan dalam berbagai keperluan, dengan menggunakan aplikasi ini.

Adobe Photoshop merupakan salah satu software terbaik yang wajib dipasang di laptop kamu.

10. CCleaner


Agar performa dan kinerjanya tetap berjalan baik, kamu juga harus rajin melakukan perawatan terhadap laptop kamu. Terutama untuk membersihkan file-file sampah seperti cache, junk files, temporary files, dan sebagainya. 

Sehingga membuat kinerja laptop kamu, jadi lebih ringan dan cepat. Software terbaik untuk melakukan tugas ini adalah CCleaner. Dengan memasang dan menjalankan CCleaner, laptop kamu akan terasa jadi jauh lebih ringan dan cepat ketika digunakan.

Nah, itulah dia 10 Software yang wajib diinstall di laptop barumu. Sebenarnya bukan hanya untuk laptop baru saja, namun hampir semua laptop membutuhkan aplikasi semacam ini.

Jika ada software tambahan lainnya, tulis aja di kolom komentar ya ?

0 Response to "10 Aplikasi yang Wajib Diinstall Di Laptop Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel