-->

Perbedaan SSD dan HDD Saat Booting Laptop Windows 10

Perbedaan SSD dan HDD Saat Booting Laptop Windows 10

OtakAtik - SSD (Solid State Drive) merupakan inovasi terbaru dalam bidang penyimpanan data laptop maupun komputer pada dewasa ini. SSD juga menjadi salah satu alternatif penyimpanan internal selain HDD (Hard Disc Drive).

Berikut ini pengalaman saya pribadi mengenai SSD yang baru saja saya merasakan sendiri. Jadi, jika kamu berminat menggunakan SSD maka tulisan ini harapannya bisa berguna untukmu.


Perbedaan Menggunakan SSD dan HDD di Laptop Windows 10

Akhirnya, di bulan Agustus ini, Saya membeli SSD dengan merk WD GREEN 240GB dengan harga Rp520.000. Saya Belinya di Shopee Mall.

Kenapa harus Shopee Mall ?

Di Shopee Mall barangnya dijamin 100% original karena langsung dari toko resminya. Usahakan, Belilah SSD yang punya Garansi Resminya bukan hanya garansi toko, apalagi tidak ada garansi.

Terkait dengan merk, SSD apa dan mana, yang paling bagus. Saya rasa tergantung seberapa besar budget yang kamu miliki dan kebutuhanmu apa. Jadi, SSD apa yang bagus jawabannya ya relatif.

Penting sekali, sebelum kamu membeli SSD. Kamu harus tau dulu jenis laptop kamu. Apakah sudah mendukung jenis SATA 3, untuk penjelasannya silahkan dicari di google dan apakah punya slot untuk SSD.

Slot yang dimaksud disini yaitu CD ROM. CD ROM ini akan kita ganti dengan HDD Caddy.

Dengan sedikit keberanian, saya bongkar laptop untuk pertama kali. Bermodalkan tontonan dari youtube dan alat serba ada. Yang jauh hari sudah saya beli.

Ini adalah untuk pertama kali saya melihat isi dalam laptop ini. Oh ya, Disini ada 2 cara untuk menggunakan SSD.

Cara pertama, mencabut hardisk dan menggantinya dengan SSD. Namun saya akan kehilangan penyimpanan 1TB di laptop ini, jika melakukan cara ini.

Cara kedua, mengganti CD ROM dengan HDD Caddy. Sayangnya, saat itu saya belum membeli HDD Caddy.

Namun, karena saya bertekad harus menyelesaikan hari ini. Akhirnya, saya pergi ke toko komputer yang ada di kota saya untuk membeli HDD Caddy. HDD Caddy yang saya butuhkan disini yaitu yang kecil dengan ketebalan, 9,5 mm

Setelah mempunyai HDD Caddy, pasangkan SSD di HDD Caddy. Dengan sedikit Improvisasi dari tutorial youtube. SSD ditambah HDD Caddy berhasil saya pasang di laptop.

Sebenarnya, agak was-was, jika SSD gak kebaca di laptop. Yang artinya harus dua kali kerja. Namun, alhamdulillah SSD kebaca dan selanjutnya masuk ke tahap instalasi.

Untuk saat ini performa laptop, lebih cepat berkali lipat dibandingkan sebelum menggunakan SSD. Sebagai contohnya :

Berikut video perbandingan booting sebelum dan sesudah menggunakan SSD.

Dengan performa ini, jadinya saya lebih semangat untuk membuat video dan aktivitas lainnya terasa lebih cepat.

Nah, bagi kamu yang ingin juga meningkatkan performa laptopmu. Langsung coba gunakan SSD dan bagi kamu yang sudah gunakan SSD, boleh sharing pengalamanmu di kolom komentar.

Cukup sekian dan sampai Jumpa.

0 Response to "Perbedaan SSD dan HDD Saat Booting Laptop Windows 10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel